Kilas Berita:

Difabel Yogyakarta Berwisata ke Pantai Suwuk

PURING - Sekitar 20 anggota komunitas difabel asal Yogyakarta, baru-baru ini berwisata ke Kebumen menikmati keindahan Pantai Suwuk Kecamata Puring. Rombongan wisata tersebut menggunakan kendaraan roda tiga atau touring.
Menurut Waluyo, pimpinan Difabel Motor Cycle (DMC) Yogyakarta, pihaknya sekaligus ingin silaturahmi dengan komunitas difabel Kebumen serta memperkenalkan motor tiga roda serta SIM khusus bagi para difabel. Selain itu, untuk belajar pembuatan makanan lanthing bumbu dan mengunjungi pusat usaha kerajinan yang dikelola tokoh difabel Kebumen Irma Suryati di Buayan.
Waluyo kebetulan putra asli Puring itu mengaku sangat terkesan dengan keindahan Pantai Suwuk. Apalagi, saat ini pantai tersebut tengah dikembangkan menjadi wisata andalan. Namun dia berharap agar para difabel tetap diberi akses masuk untuk menikmati wisata pantai maupun berjualan di sekitar pantai.
Tukar Pengalaman
Selama anjangsana tersebut didampingi pengurus Ikatan Penyandang Cacat Tubuh Kebumen (IPCTK) Rais Pujo Wahyono (43) dan diterima oleh Ketua IPCTK Yatimah di Buayan. ‘’Kami berterima kasih mendapat kunjungan dari komunitas difabel Yogyakarta, sehingga bisa saling tukar pengalaman,’’ jelas Rais.
Menurut Rais, komunitas difabel Kebumen serta IPCTK saat ini juga ingin berpartisipasi menyukseskan Pilkada 2015. Apalagi selama ini KPUD cukup responsif terhadap kaum berkebutuhan khusus dalam setiap kegiatan politik. Pihaknya berharap, pada saatnya KPUD memberi sosialisasi praktik pencoblosan bagi kaum difabel.
Rais menyatakan, kaum difabel sangat antusias setiap ada kegiatan politik. Bahkan komunitas difabel dengan keterbatasannya ingin turut menyukseskan hajat politik pemilu atau pilkada. Sebab, mereka juga memiliki hak pilih sehingga aspirasi tersebut harus tersalurkan.(B3-42/suaramerdeka)

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!