Kilas Berita:

Dibangun Tempat Pengolahan Sampah Pasar Tumenggungan

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pasar Tumenggungan Kebumen sudah berdiri megah. Namun sampah yang ada di pasar itu masih menjadi masalah. Untuk mengatasinya, kini dibangun tempat pemilahan dan pengolahan sampah.

Lokasinya berada di los yang dibangun secara swadaya, namun kurang difungsikan. Pembangunan tempat itu, sekaligus untuk mendukung perolehan penghargaan Adipura. “Inilah salah satu upaya Pemkab dalam menangani sampah di pasar tradisional.

Dan nantinya, setiap pasar wajib memiliki unit pengolahan sampah dan air limbah,” kata Kasi Kebersihan dan Keamanan pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagsar) Kabupaten Kebumen Bambang Hariyanto saat ditemui Suara Merdeka di sela-sela mengecek bangunan tempat pemilahan dan pengolahan sampah di Pasar Tumenggungan Kebumen, kemarin.

Dana APBD

Pembangunan tempat pemilahan dan pengolahan sampah di Pasar Tumenggungan itu, tengah dibuat gudang dengan menggunakan dana APBD sekitar Rp 48 juta. Diharapkan dengan adanya tempat itu dapat mengurangi masalah sampah yang selama ini menjadi sorotan dalam penilaian Adipura.

Karena itu, Bupati Buyar terus mengalokasikan penambahan armada untuk mengangkut sampah agar tidak ada yang tercecer. Selain itu memberesi tempat pembuangan akhir sampah dengan melakukan pembebasan lahan untuk penambahan sarana prasarana lainnya.

Dari data Disperindagsar, setiap harinya volume sampah yang dikelola Pemkab Kebumen sekitar 587,61 m3. Namun hanya 247 m3 sampah atau 42 persen saja yang bisa terangkut petugas kebersihan ke TPA Kaligending, maupun TPA Semali, Sempor. (K5-32/SuaraMerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!