Kilas Berita:

Danjen Akademi TNI Tinjau Latsitarda

GOMBONG - Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI, Mayjen TNI Harry Purdianto bersama Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol) Irjen Polisi Pudji Hartanto Iskandar meninjau lokasi Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XXXV/2015 di Kebumen, Kamis (21/5).
Rombongan dua jenderal bintang dua itu disambut oleh Bupati Kebumen Buyar Winarso, Kapolres Kebumen AKBP Faizal dan Dandim 0709 Latkol Inf Putra Widyawinaya di pendapa rumah dinas bupati Kebumen. Adapun tinjauan pertama dilakukan di Posko Satlatnus V Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Rusunawa yang berada di kompleks Rumah Sakit PKU-Stikes Muhammadiyah Gombong.
Di lokasi tersebut, Danjen Akademi TNI maupun Gubernur Akpol mendengarkan paparan capaian program yang disampaikan oleh para peserta Latsitarda Nusantara.
Selain itu, para taruna maupun praja diminta memaparkan kendala yang dihadapi selama mengikuti kegiatan. Kunjungan dilanjutkan ke lokasi sasaran yakni Kompi Adi Kecamatan Gombong yakni TPQ Al Muskhafiyah dan Mushola Al Hidayah Desa Semondo. Di lokasi tersebut para taruna, praja bersama mahasiswa sedang mengecat tembok mushala. Sejumlah taruna juga tampak membuat papan tulis rak buku.
Kunjungan berikutnya adalah ke Kompi B, pembangunan rumah bagi masyarakat kurang mampu yakni rumah pasangan Martono dan Sri Suharti di Dusun Kaligede, Desa Kalibeji, Kecamatan Sempor. Selain menyapa para taruna dan praja serta mahasiswa, Danjen Akademi menyapa warga desa sekitar.
Bahkan, sejumlah warga yang sedang melaksanakan renovasi rumah diajak foto bersama. “Selain untuk melihat progres para peserta Latsitarda, kunjungan ini juga untuk mensuport mereka di lokasi sasaran,” ujar Mayjen TNI Harry Purdianto. Peserta Latsitarda yang diterima sejak 8 Mei lalu mereka melaksanakan kegiatan hingga Juni mendatang.
Selain di Kebumen empat kabupaten lain yang menjadi lokasi kegiatan adalah Purbalingga, Banyumas, Cilacap, dan Purworejo. Total peserta Latsitarda Nusantara di lima kabupaten sebanyak 1.734 orang.
Sedangkan yang ditempatkan di Kebumen sebanyak 325 orang. Selain para taruna akademi TNI, Latsitarda Nusantara tahun ini diikuti oleh taruna Polri, Praja IPDN dan perwakilan mahasiswa yang berasal dari 17 universitas antara lain UGM, Universitas Udayana, Undip, dan UPN. Bupati Kebumen Buyar Winarso menyampaikan, di Kebumen lima kecamatan sasaran meliputi Gombong, Sempor, Karanggayam, Petanahan dan Puring.
Kegiatan yang dilaksanakan meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik meliputi pembangunan jalan rabat beton, pemugaran perumahan masyarakat kurang mampu (P2KM), serta rehab masjid. Sedangkan kegiatan non fisik antara lain sosialisasi pencegahan pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN), sosialisasi dan pembinaan Lembaga Komunikasi Masyarakat (LKM), penyuluhan kesehatan, pelayanan KB dengan mobil pelayanan, pemutaran film dan penyuluhan KB, penyuluhan tentang perlindungan anak, sosialisasi penanggulangan bencana, penyuluhan hukum dan HIV/AIDS dan penyuluhan kamtibmas.(J19-78/suaramerdeka)

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!