Kilas Berita:

Botoh di Akar Rumput Belum “Tersentuh”

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Masyarakat Kebumen diminta cerdas dalam memilih calon bupati dan calon wakil bupati pada Pilkada Kebumen yang akan digelar pada 9 Desember 2015 mendatang.

Sebelum menentukan pilihan pemimpin Kebumen untuk periode lima tahun mendatang, masyarakat harus berperan aktif menelusuri rekam jejak setiap pasangan calon bupati dan calon wakill bupati yang akan dipilihnya.

Hal itu dikatakan praktisi politik, MT Arifin, dalam acara Sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang diselenggarakan oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kebumen, di Gedung PKK Jalan HM Sarbini Kebumen, Selasa (5/5).

MT Arifin juga mengungkapkan fakta, telah terjadi fenomena wuwuran (politik uang) di masyarakat setiap ada pemilihan kepala daerah, pemilahan kepala desa, maupun pemilihan legislatif. Hingga kondisinya sangat memprihatinkan. “Jika tidak ada wuwuran maka (pasangan calon) tidak bakal dipilih. Ini nyata-nyata terjadi dalam masyarakat,” ujarnya.

Namun sayangnya, lanjut MT Arifin, pengawasan terhadap praktik politik uang masih belum maksimal. Sehingga sangat jarang pelaku politik uang yang terjerat sanksi hukum. “Selama ini yang diawasi hanya botoh-botoh yang resmi, tapi jaringan di bawahnya yang sangat luas tidak diawasi. Inilah yang dibutuhkan kesadaran dari semua pihak untuk menekan praktik ini,” paparnya.

Sosialisasi yang dibuka oleh Asisten 1 Sekda Mahfud Fauzi itu mengangkat tema Menuju Sukses Pilkada 2015. Selain MT Arifin, Kantor Kesbangpol juga menghadirkan dua narasumber lainnya. Yakni anggota KPU Kebumen Khusnul Khotimah, dan Warjan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kebumen.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol Kebumen, Nurtaqwa Setya Budi, mengatakan sosialisasi tersebut akan digelar 12 tempat berbeda menjelang pelaksanaan Pilkada Kebumen. Sosialisasi dimulai pada 5 Mei hingga 26 Mei mendatang. “Sasaran kita untuk semuanya 1200 orang mengikuti sosalisasi ini,” terang Nurtaqwa, disela-sela acara.

Sosialisasi tersebut, tambah Nurtaqwa, untuk memberikan bekal informasi tentang Pilkada Kebumen kepada masyarakat. Sehingga dapat berperan aktif dalam proses penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati. “Selain juga meningkatkan kesadara masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pikada mendatang,” tutupnya.(ori/nun/radarbanyumas)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!