Kilas Berita:

Belum Rampungkan APBDes, Perangkat Belum Digaji Empat Bulan

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Desa-desa di Kabupaten Kebumen terancam tak dapat dana alokasi dana desa (ADD). Pasalnya, hingga saat ini masih banyak desa yang belum merampungkan penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja desa (APBDes), serta Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes). Padahal penyusunan APBDes paling lambat harus dilakukan pada 31 Desember 2014.

Akibatnya, kepala desa dan perangkat desa hingga akhir April ini masih belum menerima tunjangan penghasilan. Selain itu, karena belum cairnya ADD pemerintah desa sejak Januari lalu juga terpaksa harus berhutang untuk operasional mereka.

Kepala Sub Bidang Verifikasi dan Evaluasi APBDes pada Bapermades Kebumen, Agus Setiya Budi, mengatakan hingga akhir April ini dari 449 desa, baru 171 desa yang sudah menyelesaikan penyusunan APBDes dan diserahkan ke Bapermades. Namun, baru 12 desa yang sudah mencairkan ADD tersebut.

“Yaitu enam desa di Kecamatan Padureso, dan enam desa di Kecamatan Karangsambung. Cair pada minggu ini,” kata Agus Setiya Budi, kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (29/4).

Adapun sejumlah desa yang sudah menyerahkan APBDes ke Bapermades, diantaranya tujuh desa di Kecamatan Sadang, 15 desa di Kecamatan Sempor, 18 desa di wilayah Kecamatan Ayah. Sedangkan, di Kecamatan Sruweng masih tersisa dua desa yang belum menyerahkan APBDes. “Untuk wilayah lain masih banyak yang belum menyerahkan,” ujarnya.

Pada tahun 2015 ini, ADD di Kabupaten Kebumen dialokasikan dana sebesar Rp 117,135 miliar. Dengan penerima ADD terbesar diterima Desa Seboro, Kecamatan Sadang, yang mencapai Rp 514,18 juta. Sedangkan, penerima terkecil diterima Desa Karangglonggong, Kecamatan Klirong, sebesar Rp 183,27 juta.

Selain menerima ADD, pemerintah desa juga dijadwalkan akan mulai menerima dana desa (DD) yang bersumber dari APBN. Namun, pencairan dana desa ke berbagai daerah sampai saat ini belum jelas. Hingga saat ini, Pemkab Kebumen masih menunggu petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) dari pemerintah pusat yang tak kunjung diberikan sekalipun dana tersebut sudah turun. “Saya belum dapat menjelaskan soal itu, dari pada salah,” ungkapnya.(ori/Radarbanyumas)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!