Kilas Berita:

Banjir Bandang Terjang Karangbolong

BUAYAN (www.beritakebumen.info) - Hujan deras yang mengguyur, Selasa (6/5) malam mengakibatkan banjir bandang dan longsor di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, Kebumen.

Sebanyak 19 rumah warga di Dusum Gedong dan Kaum Desa Karangbolong diterjang banjir tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi pukul 18.30 itu.

Tetapi, perabot rumah warga banyak yang rusak. Selain itu, rumah warga juga penuh lumpur. Banjir sempat membuat suasana mencekam mengingat kedalaman air di dalam rumah mencapai 75 cm. Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, salah satu kerusakan rumah dialami Dalimin (50) warga Dusun Gedong. Selain dapur rusak, sadapan nira yang siap dimasak ikut hanyut tersapu banjir. Dampak cukup parah juga menimpa rumah Rasikun (38) di Dusun Kaum.

‘’Banjir datang begitu cepat. Hanya bertahan sekitar dua jam sampai benar- benar surut,’’ ujar Dalimin kepada Suara Merdeka , di sela-sela memperbaiki dinding dapur, Rabu (6/5). Dalimin menambahkan, banjir bandang pernah terjadi pada 2010 lalu. Saat itu ada 18 rumah diterjang banjir bandang. Banjir diduga akibat pendangkalan Sungai Kalimanggis dan Kaligedong. Padahal, rumahnya berada sekitar 75 meter dari pertemuan dua sungai yang bermuara di Pantai Karangbolong tersebut.

Sementara itu, Rasikun yang rumahnya berada di perbukitan mengaku, baru kali ini mengalami banjir bandang. Menurut dia, pendangkalan Sungai Kalimanggis merupakan dampak dari penambangan batu gunung di hulu sungai yang sudah berlangsung sekitar dua tahun.

‘’Kami khawatir kerusakan alam akibat penambangan akan mengancam warga di bawahnya,’’ katanya. Kepala Desa Karangbolong Sobirin mengakui, adanya penambangan batu yang beroperasi di desanya itu berdampak pada pendangkalan Sungai Kalimanggis. Menurut dia, sebenarnya Sungai Kalimanggis sudah pernah dinormalisasi. Tetapi saat banjir, material sedimentasi kembali memenuhi aliran sungai.

‘’Penambangan batu yang sudah beroperasi selama dua tahun itu mengantongi izin. Katanya pihak penambang akan bertanggung jawab. Kami masih menunggu realisasinya,’’ ujarnya. (J19-42/SuaraMerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!