Kilas Berita:

7 Tips Sukses di Job Fair

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Job Market Fair Kebumen Tahun 2015 segera berlangsung, 5-6 Mei besok di Auditorium IAINU Kebumen. Job Fair diselenggarakan sebagai sarana untuk mempertemukan perusahaan dengan calon-calon karyawannya. Ada banyak perusahaan yang ikut serta, sehingga dengan hanya mendatangi tempat di mana diselenggarakannya pameran ini, Anda bisa langsung melamar ke banyak perusahaan. Dengan demikian, Anda dapat menghemat waktu dan biaya daripada harus mendatangi atau mengirim surat lamaran kepada perusahaan satu per satu.

Melamar di Job Fair memang mudah karena bisa melamar ke banyak perusahaan sekaligus, maka dari itu jangan sampai Anda gagal. Jika saat ini Anda sedang mencari pekerjaan, ikuti tujuh tips berikut yang akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan jenjang karir Anda.

1. Cari Informasi
    Cari tahu kapan dan di mana Job Fair akan diselenggarakan. Informasi mengenai Job Fair biasanya dapat dilihat di internet/media on line, media elektronik maupun media cetak.
    Informasi lain yang perlu unutk diketahui adalah informasi tentang perusahaan mana saja yang ikut serta. Informasi ini akan membantu Anda mencari tahu company profile, reputasi perusahaan dan menentukan apakah Anda tertarik untuk memasukkan lamaran pekerjaan.

    2. Siapkan CVDaftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV) berisi data-data pribadi orang yang akan melamar. Buat CV secara padat dan jangan lebih dari 3 halaman. Periksa apakah penulisan nama, alamat dan no telepon/HP sudah diisi dengan benar. Setelah membuat CV, baca dan periksa kembali CV tersebut untuk mengetahui apakah ada kata-kata yang salah. Jangan lupa untuk menyimpan CV dalam bentuk softcopy dengan nama yang mudah dicari dan simpan dalam flash disk. Lakukan scanning antivirus untuk memastikan tidak ada virus yang dapat merusak data.

    Softcopy CV penting sebagai cadangan apabila CV yang telah dicetak pada kertas rusak, hilang atau kurang. Dengan mempunyai soft file CV, Anda dapat dengan mudah mencetak kembali atau dapat mengirimkan melalui email. Selain itu, ada perusahaan-perusahaan atau penyelenggaraan Job Fair yang meminta CV dalam bentuk softcopy yang akan memudahkan saat pencarian.
      3. Pikirkan Jawaban dari Pertanyaan
      Sebagian besar perusahaan peserta Job Fair mengadakan tes langsung di tempat, baik tertulis maupun wawancara (Walk in Interview). Beberapa pertanyaan umum yang diajukan saat wawancara adalah mengapa tertarik dengan bidang pekerjaan yang dilamar, apa yang Anda ketahui tentang perusahaan, apa kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Coba pikirkan jawaban-jawaban seandainya pertanyaan itu diajukan. Mempersiapkan jawaban dari pertanyaan dapat membuat Anda lebih percaya diri saat menjawabnya.

      4. Bawa Perlengkapan Pendukung
      Bebrapa perlengkapan seperti pulpen, flash disk, laptop, kertas folio adalah beberapa peralatan yang penting untuk dibawa. Seperti pulpen yang penting untuk mengisi formulir, flash disk sebagai media penyimpanan softcopy CV, laptop untuk menyimpan data atau memperlihatkan contoh aplikasi yang sudah pernah dibuat.

      5. Persiapkan Fisik dan Pikiran
      Caranya adalah dengan cukup tidur pada malam sebelum mengikuti Job Fair karena kurang tidur dapat membuat fisik Anda tidak fit, mood tidak baik dan membuat penampilan Anda tidak fresh. Bahkan, jika dilakukan wawancara langsung, bisa-bisa Anda tidak nyambung saat diwawancara. Ini akan memperburuk nilai Anda.

      6. Penampilan yang Baik
      Ketika akan menghadiri Job Fair, jangan remehkan penampilan pribadi Anda. Walau sebagian perusahaan pencari tenaga kerja hanya meminta CV untuk ditindaklanjuti kemudian, tetapi ada juga yang langsung melaksanakan wawancara. Maka penampilan penting untuk memberi kesan rapi dan profesional. Ketika akan menghadiri Job Fair, kenakan pakaian dan penampilan yang rapi layaknya Anda akan wawancara kerja.

      7. Ramah dengan Peserta Lain
      Walau sama-sama mencari pekerjaan, bukan berarti harus bermusuhan dengan peserta lain bukan?! Bersikap ramah dan berusaha mencari teman seperjuangan akan membuat suasana lebih santai dan menyenangkan. Dengan adanya teman, Anda tidak akan merasa bosan saat harus mengantri atau dapat berbagi pengalaman yang berharga. Selain itu, siapa tahu teman baru Anda ini bisa menjadi koneksi untuk mendapatkan pekerjaan.

      Dengan persiapan yang baik dan pikiran positif, kini Anda dapat mendatangi Job Fair dengan percaya diri. Semoga tips ini dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

      Sumber :  kumpulan.info


      _________________________________________________________________________________________

      DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

      _________________________________________________________________________________________
      KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
      beritakebumen@gmail.com

      =============================================================
      Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
      | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
      =============================================================

      No comments

      Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!