Kilas Berita:

Wakafkan Uang Bisa Kurangi Angka Kemiskinan

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kebumen mendorong masyarakat untuk mengelola wakaf secara profesional. Sebab, selama ini pengelolaan wakaf masih bersifat komsumtif dan tradisional. ‘’Saat ini kami juga mulai mendorong agar masyarakat yang mampu mengelola wakaf produktif, seperti uang atau tunai.

Program wakaf ini salah satu tujuannya untuk mengurangi angka kemiskinan,’’ ungkap Kepala Kemenag Kebumen Masmin Afif di Aula Kemenag Kebumen, baru-baru ini. Ditambahkan Ketua Pembinaan Pemberdayaan Wakaf Produktif Strategis Kemenag Kebumen, Khamid, jika pengelolaan tersebut dilaksanakan secara konsisten, wakaf uang sudah dipastikan dapat mengurangi angka kemiskinan.

Lebih lanjut, diakuinya, program wakaf produktif merupakan program baru. Sudah ada beberapa lembaga di kabupaten berslogan Beriman ini berhasil mengelolanya. Hal itu pun bisa dijadikan solusi untuk mengatasi kemiskinan di Kebumen yang berada pada urutan kedua terbawah di Jateng.

Diatur UU

Selama ini pengertian wakaf cenderung terbatas pada tanah yang dipakai untuk lembaga pendidikan, masjid, dan lokasi pemakaman. Padahal, wakaf uang sudah diatur dalam UU Nomor 41 Tahun 2004 Pasal 28 tentang Wakaf Uang. Isinya, wakaf benda bergerak berupa uang melalui lembaga keuangan syariah yang ditunjuk oleh menteri.

‘’Belum lama ini kami juga sudah mulai menyosialisasikan tentang wakaf uang kepada pejabat pembuat akta ikrar wakaf, penyuluh agama, nazhir, dan masyarakat. MUI pun telah mengeluarkan fatwa bahwa wakaf uang itu hukumnya jawaz atau diperbolehkan,’’ tandasnya Jika masyarakat khususnya umat Islam telah memahami dan sudah mengenal wakaf uang, kata Khamid, maka akan membantu masyarakat lainnya yang kurang mampu untuk mengatasi kemiskinan.

‘’Memang selama ini wakaf uang kalah populer dengan zakat. Tapi kan zakat peruntukannya sudah jelas ada ketentuannya.’’ (K5-42/SuaraMerdeka)
https://www.facebook.com/BKSosial?ref=bookmarks


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!