Kilas Berita:

Tirtomoyo, Dataran Tinggi Yang Tidak Pernah Kekeringan

KUTOWINANGUN (www.beritakebumen.info) - Wilayah Desa Tirtomoyo dibatasi sebelah Utara oleh desa Kebapangan dan Tlogowulung, batas sebelah timur desa Karang Tengah dan Tegalrejo, batas sebelah Selatan desa Blate, batas sebelah Barat desa Soka dan Lerep.
Desa Tirtomoyo memiliki 5 dusun yaitu, Watu gudig (sebelah Barat), Lubang Condong (sebelah Timur), Prupuk (sebelah Selatan), Lubang Gondang (sebelah Utara), Sempor (sebelah Tengah)
Pada musim hujan air memang bukan kendala di sana, tetapi memasuki musim kemarau seperti desa-desa di lereng pegunungan daerah Kebumen utara, warga desa Tirtomoyo untuk kebutuhan MCK, penduduk setempat memanfaatkan sumberan mata air di bagian tinggi yang cukup besar, kemudian ditampung dalam sebuah wadah yang sangat besar, kemudian dialirkan ke rumah-rumah menggunakan selang. Mereka menyebut ini ledeng. Sebuah penampungan air ini biasanya dialirkan untuk 10 rumah.

Dalam amatan Kebumen News, secara Monografis keadaan fisik balai Desa Tirtomoyo dapat dikatakan sudah cukup baik untuk melayani kepentingan masyarakat khususnya warga desa Tirtomoyo. Meskipun di dataran tinggi balai Desa Tirtomoyo memilki berbagai fasilitas, seperti computer, mebeler, mesin ketik, sound system, perlatan administrasi. Demikian juga meski daerah terpencil jalan desa sepanjang Desa Tirtomoyo dan sekitarnya kondisinya cukup baik, meskipun di beberapa titik terdapat bagian yang rusak, namun masih bisa digunakan.
Luas wilayah Desa Tirtomoyo adalah 35 Ha. Sebagian besar wilayah Desa Tirtomoyo adalah dataran tinggi atau perbukitan, sedangkan yang lain adalah dataran sedang. Sehingga bila musim hujan jalanan yang belum diaspal sangat licin. Penduduk di Desa Tirtomoyo tidak pernah mengalami kekeringan meskipun musim kemarau berkepanjangan karena di daerah ini terdapat banyak sekali mata air yang mengalir. Mata air ini adalah air hujan yang disimpan oleh rimbunnya hutan-hutan dan sengaja dibiarkan alamiah oleh warga, bahkan desa membuat larangan menebang pohon pada Perdes. Ketinggian desa Tirtomoyo yang terletak lebih 176 m diatas permukaan laut membuat desa ini cukup dingin. Jarak desa ke pusat Kecamatan adalah 2 Km sedangkan jarak ke pusat Kabupaten adalah 15 Km.

Demografi Desa Tirtomoyo
Jumlah penduduk Desa Tirtomoyo sebanyak 3.145 jiwa yang terdiri dari 1.271 laki-laki dan 1.874 perempuan. Jumlah kepala keluarga di Desa Tirtomoyo sebanyak 600 KK. Dari jumlah penduduk tersebut, usia sekolah sebagian besar sudah menempuh wajib belajar sembilan tahun.(kebumennews)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!