Kilas Berita:

Remaja Asal Kebumen Ajukan Permohonan Ganti Kelamin

Apriyanti (24) menunjukkan ijazah Sekolah Dasar (SD) usai mengikuti sidang pengakuan ganti kelamin menjadi lelaki sejati di Pengadilan Negeri (PN) Kebumen, Senin (27/4).(suaramerdeka.com/Supriyanto)
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Seorang remaja asal Desa Ayamputih, Kecamatan Buluspesantren, Kebumen, saat ini berjuang untuk mendapatkan pengakuan status menjadi lelaki yang sah. Apriyanti (24), lahir hingga remaja secara hukum berstatus sebagai seorang perempuan.

Beranjak dewasa, Apriyanti yang merasa dirinya seorang laki-laki berjuang mendapatkan pengakuan tersebut dengan mengajukan permohonan ganti kelamin ke Pengadilan Negeri (PN) Kebumen. Harapannya dia dapat memperoleh status hukum sebagai lelaki sejati. Sidang perdana digelar di PN Kebumen, Senin (27/4).

Sidang pertama yang dipimpin oleh hakim ketua Marolop Simamora SH MH itu menghadirkan dokter ahli genetik dari RSUP dr Sardjito dokter Suryono Yudha Patria. Hadir Apriyati yang didampingi ibu Sutilah dan keluarganya. Sidang tersebut juga menjadi perhatian masyarakat.

Secara fisik, Apriyanti yang lebih suka dipanggil Dika itu memang terlihat seperti laki-laki. Wajahnya lonjong dengan kulit sawo matang dan berambut cepak. Dia memakai kaos dan jaket dengan mengenakan tas gendong seperti remaja jaman sekarang. Tetapi status jenis kelamin yang disandangnya sejak lahir oleh orang tuanya dicatatkan sebagai perempuan.

Lahir pada April 1991, Apriyanti mengaku sejak kecil diperlakukan sebagai seorang perempuan. Putra pertama dari tiga bersaudara pasangan Suyatno dan Sutilah itu sejak lahir hingga lulus SMK masih menggunakan atribut perempuan. Mulai dari tatanan rambut hingga seragam sekolah seperti layaknya perempuan. Begitu juga secara administrasi, orang tuanya juga mendaftarkan sebagai perempuan. Mulai akte kelahiran hingga ijazah SD, SMP hingga SMK masih perempuan dengan rambut panjang.

Namun seiring berjalannya waktu, saat dia beranjak dewasa, dia mulai menemukan jatidirinya sebagai seorang laki-laki. Dika mulai tertarik dengan seorang gadis dan pernah mengalami mimpi basah. “Setelah lulus SMK saya potong rambut dan hidup sebagaimana layaknya seorang laki-laki,” ujar Dika kepada wartawan usai mengikuti sidang perdana.

Ditambah lagi, ketika beranjak remaja, tidak tumbuh payudara layaknya seorang perempuan. Justru pada lehernya tumbuh jakun. Kemudian penis mulai tumbuh normal bahkan mengaku mampu ereksi dan mimpi basah. Atas perkembangan fisik itu, akhirnya dia bersama orangtua memeriksakan diri ke RSUP dr Sardjito Yogyakarta. Merujuk keterangan dokter Suryono Yudha Patria, hasil dari cek kromosom Apriyanti dominan XY atau laki-laki 72 persen sementara XX 27 persen.

Apriyanti berharap permohonan pergantian status jenis kelamin yang diajukan ke PN Kebumen dapat segera dikabulkan dan segera mendapat status yang sah di mata hukum sebagai seorang laki-laki dengan nama Apriyandika. Adapun sidang akan dilanjutkan minggu depan dengan agenda pembuktian oleh ahli urologi.

Sementara itu sang ibu enggan memberikan banyak keterangan terkait status anaknya. Yang dia tahu saat lahir, dukun beranak yang menangani persalinan menyampaikan bahwa anaknya berjenis kelamin perempuan. Maka mulai saat itu, dia menamai dan memperlakukan anaknya sebagai seorang perempuan. “Waktu kecil memang bentuk kelaminnya seperti anak perempuan,” ujar Sutilah.
(Supriyanto/CN41/SuaraMerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!