Kilas Berita:

Panen Melon dan Semangka, Harga Anjlok

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Petani melon dan semangka di lahan pesisir sejumlah desa di Kebumen sejak awal April 2015 panen buah melon dan semangka yang bagus secara kualitas maupun kuantitas. Sayangnya, harga jual kedua jenis buah itu anjlok atau di bawah harga musim panen sebelumnya.

"Jumlah panen kali ini benar-benar bagus, bisa mencapai 10 ton per hektar yang sebagian besar merupakan buah kelas A atau prima. Namun harga semangka merah kelas A yang musim panen lalu Rp 2.200,- per kilogram, kini hanya Rp 1.700,- per kilogram," kata Petani melon dan semangka Desa Ayam Putih Kecamatan Buluspesantren Kebumen Suroso saat memanen semangkanya, Minggu (05/04/2015).

Menrut Suroso harga jual semangka kuning kelas A dari Rp 3.000,- per kilogram kini hanya Rp 2.700,- per kilogram. Penurunan harga ini akibat panen raya di bebrapa daerah lain.

Sarmo, petani Ayam Putih yang tengah memanen melonnya, mengungkapkan bahwa saat musim panen lalu harga melon kelas A mencapai Rp 4.000,-/kilogram. Sedangkan musim panen kali ini hanya Rp 3.500,-/kilogram. Semangka dan melon kelas A tersebut oleh pedagang buah dipasarkan ke Jakarta, Bandung dan Ciamis.

Selain melon dan semangka kelas A yang beratnya rata-rata 4 sampai 5 kilogram, petani juga mengandalkan penjualan melon dan semangka kelas B yang harganya separuh dari buah kelas A. (Dwi/KRJogja)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!