Kilas Berita:

Mengulik Batuan Khas Kebumen (2); Varian Batu Badar Besi Makin Beragam

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - DARI sekian banyak jenis batuan yang ditemukan di Kabupaten Kebumen, batuan jenis badar besi (hematite) merupakan yang paling populer saat ini.

Batuan asli dari alam ini memiliki keunikan tersendiri, yakni memiliki kadar besi (fe) yang tinggi, sehingga bisa menempel jika didekatkan pada magnet. Di dunia internasional, batu badar besi dikenal dengan batu hematite dengan formula kimia Fe2 O3 dengan kekerasan 5-6 pada skala mohs. Secara umum batu ini memiliki berwarna hitam, cokelat, merah, hingga abu-abu silver.

Batu badar besi banyak ditemukan di banyak negara di dunia, seperti Brazil, Mexico, Australia, Amerika Serikat dan Indonesia. Hematite umumnya ditemukan di wilayah pegunungan, terutama gunung yang pernah mengalami banjir lahar, lalu mengendap selama jutaan tahun.

Di Kebumen, sebagian besar batu badar besi diperoleh dengan cara menambang. Salah satu kawasan penghasil batu badar besi terbaik, yakni Kecamatan Karanggayam, khususnya di perbukitan Buluberas. Anggota Komunitas Badar Besi Kebumen Agus ”Mandra” Wantoro menyampaikan, yang menarik dari batu badar besi Kebumen, yakni memiliki banyak varian.

Tidak hanya melulu berwarna hitam, varian badar besi lain bermunculan, seperti badar besi merah cabe atau populer disebut red hot magnetic, hijau kristal, multicolour, pancawarna, badar besi kuning, telur kodok, warna doreng atau greenbaret serta badar besi bulu monyet.

”Jadi selain unik bisa menempel di magnet, batu badar besi Kebumen memiliki warna bermacam- macam,” ujar Agus Mandra saat ditemui Suara Merdeka di Kelurahan Tamanwinangun, Kebumen, Rabu (1/4) Pria yang membuka bengkel kerajinan batu akik Badar Besi 2 Stone di Jalan Sokka-Petanahan itu, saat ini sedang mempersiapkan berbagai varian batu badar besi untuk keperluan pameran dan bursa batu akik di Alun-alun Kebumen, Sabtu (4/4) mendatang.

Dalam acara yang diselenggarakan Bank Jateng Cabang Kebumen itu, nantinya akan diikuti sekitar 20 perajin batu akik. ”Untuk pameran kali ini saya secara spesifik mempersiapkan batu badar besi,” ujar pria yang akrab disapa Bang Mandra tersebut.

Bintang Pameran

Memang batu badar besi saat ini berada di puncak popularitasnya. Batu ini menjadi sorotan media cetak dan elektronik nasional. Majalah Indonesian Gemstone (IGS) edisi Januari 2015 secara khusus mengulas batu badar besi merah Kebumen.

Di berbagai ajang pameran batu di sejumlah daerah, batu badar besi merah cabai Kebumen menjadi bintang pameran. Tingginya permintaan pasar yang tidak didukung ketersediaan barang membuat harga batu badar besi melangit.

Jika pada November 2014 lalu harga batu badar besi merah cabai masih Rp 100.000/kg, saat ini harga batu hampir menyentuh Rp 1 juta/kg. ”Sedangkan untuk batu yang sudah menjadi cincin harganya bervariatif mulai Rp 500.000 hingga Rp 1,5 juta,” imbuh Agus Mandra.

Dari catatan Suara Merdeka, popularitas batu badar besi semakin tinggi setelah adanya razia aparat Polres Kebumen penambangan batu badar besi di kawasan perbukitan Buluberas yang masuk di wilayah hutan negara yang dikelola Perhutani. Sekitar satu ton bongkahan batu di antaranya batu badar besi disita aparat kepolisian. Pascarazia itu, para petani mandek dan tidak berani melakukan aktivitas penambangan batu di hutan negara. (Supriyanto-32/SuaraMerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!