Kilas Berita:

Hanura Jadi Kunci Pertarungan Kandidat

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Meski hanya memiliki satu kursi di DPRD Kabupaten Kebumen, Partai Hanura untuk sementara menjadi kunci pertarungan kandidat dalam Pilbup di kabupaten berslogan Beriman ini.

Betapa tidak, partai lain telah menerima tawaran koalisi besar yang digagas tim sembilan kandidat bupati Khayub Muhamad Lutfi. Adapun PDIP yang telah menjaring tujuh kandidat bupati melalui pembukaan pendaftaran pada 10-20 Januari silam masih kekurangan satu kursi untuk bisa mengusung calon sendiri. Partai yang menerima tawaran koalisi besar itu, yakni Partai Gerindra, PAN, PKB, Nasdem, Golkar, PPP, dan PKS.

Dalam kondisi demikian, Partai Demokrat yang sebelumnya menjalin komunikasi intens dengan PDIP cenderung memilih posisi di tengah. Mengingat, ajakan dari tim sembilan Khayub terhadap Partai Demokrat agar menyusul bergabung dengan koalisi besar itu, tidak ada bahasa yang menyiratkan adanya penolakan.

“Hubungan kami selama ini juga baik,” kata Koordinator Tim Sembilan Khayub, Mujiono Aksan yang akrab disapa Pepeng ini. Selain untuk sementara menjadi kunci pertarungan kandidat, keberadaan Partai Hanura juga menjadi penentu bisa tidaknya PDIP mengusung calon sendiri untuk bersaing dengan Khayub.

Bola Politik

Sementara itu, Partai Hanura membiarkan bola politik bergulir, baik di partai yang menerima tawaran koalisi besar, maupun PDIP. Bagi Wakil Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Kebumen Sakur Jaelani, sikap yang ditunjukkan partainya itu bukan terkait bisa tidaknya PDIP mengusung calon sendiri. Bukan pula karena ada kebuntuan komunikasi.

Melainkan pihaknya menyadari Hanura hanya memiliki kursi legislatif semata wayang. Sakur Jaelani yang juga Anggota DPRD Kabupaten ini pun mengaku lebih fokus pada pembenahan partai dan menjalankan tugas kedewanan.

Dalam menghadapi Pilkada 9 Desember mendatang, Hanura juga tidak membuka pendaftaran kandidat bupati dan wakil bupati. Sakur mengatakan harus berpikir realitis dengan kursi yang hanya satu di DPRD tidak mungkin mengusung calon sendiri. Karena itu pada saatnya nanti akan diputuskan untuk bergabung dalam koalisi.

Dan penentuan sikap dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan tersebut tentunya akan dibicarakan terlebih dahulu dengan kalangan struktural. Baik di tingkat DPC maupun DPW dan DPP. Menurut dia, untuk membangun Kebumen lima tahun ke depan memang membutuhkan peran serta partai politik.

Dan partai politik tidak bisa melakukannya sendiri. “Butuh kebersamaan membangun dari segenap komponen masyarakat agar Kebumen lebih maju lagi,” imbuh politisi asal Desa Tanjungmeru, Kecamatan Kutowinangun, Kebumen ini. (K5-32/SuaraMerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!