Kilas Berita:

Edukasi Lingkungan lewat Festival Hari Bumi

GOMBONG (www.beritakebumen.info) - Upaya yang dilakukan Roemah Martha Tilaar (RMT) Gombong patut mendapat apresiasi. Melalui kegiatan yang bertajuk Festival Hari Bumi, Sabtu-Minggu (25-26/4) memberikan edukasi lingkungan kepada masyarakat.

Kendati masih dalam skala terbatas, program yang dikemas dalam kegiatan unik itu dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk lebih memahami, mencintai bumi dan menjaga kelestariannya. Selama festival berlangsung, lebih dari 1.000 pengunjung belajar melalui berbagai wahana edukasi yang disuguhkan.

Berbagai wahana edukasi lingkungan, seperti edukasi energi, miniatur hutan mangrove, pengelolaan kompos dan limbah serta aneka dolanan tradisional anak cukup menarik bagi pengunjung yang didominasi pelajar tersebut. Dalam kegiatan itu, pengunjung juga diajak menandatangani petisi komitmen “Ayo Menanam”. Bagi pengunjung yang bersedia akan disediakan bibit tanaman dan sayuran secara gratis.

Sejumlah pelajar tampak antusias mendapatkan penjelasan pentingnya ekosistem mangrove bagi kehidupan. Termasuk mengenali kepiting dan hubungannya dengan tanaman mangrove. Di stan lain, mereka antusias menyimak panggung boneka dari SMK 1 Gombong. Melalui dongeng itu, pesan-pesan menjaga kelestarian bumi disampaikan dengan cukup mengena.

Kursus Singkat

Rangkaian kegiatan ini mendapat dukungan dari Pusat Studi Energi Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY), BKM Sejahtera Kelurahan Wonokriyo. Di stan Pusat Studi Kewirausahaan (Puswira), para pengunjung antusias mengikuti kursus singkat membuat aksesoris, seperti bros dan tas dengan memanfaatkan bahan daur ulang sampah.

“Saat ini kami telah memiliki desa binaan di Desa Wisata Penting Sari, Sleman yang membuat produk dari bahan baku dari daur ulang sampah,” ujar Refranisa, mahasiswi Arsitektur di sela-sela mendampingi pengunjung.

Deputi Program Roemah Martha Tilaar Sigit Tri Prabowo menyampaikan, rangkaian kegiatan diawali dengan workshop tentang kepengasuhan anak yang mendatangkan pembicara nasional parenting dari Bali, Gobind Vasdev, Rabu (22/4). (J19-32/SuaraMerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!