Kilas Berita:

Belasan Rumah Terancam Longsor Susulan

PEJAGOAN (www.beritakebumen.info) - Belasan rumah di dua dusun Desa Peniron, Kecamatan Pejagoan, Kebumen terancam longsor susulan. Warga di Dusun Karangmangu dan Kelapasawit itu pun resah. Pasalnya, pada Minggu (4/4) malam lalu sudah terjadi longsor di dua dusun yang merupakan daerah perbukitan di Desa Peniron tersebut.

‘’Kami khawatir terjadi longsor susulan karena kondisi tanahnya sudah labil menyusul longsor, kemarin,’’ kata tokoh masyarakat Desa Peniron, Taufik Hidayat, kemarin. Longsor di Dusun Karangmangu atau tepatnya di RT 3 RW 4 mencapai dua meter dan panjang mencapai 50 meter. Selain terjadi longsor, tanah di sekitar lokasi juga terlihat retak sepanjang 100 meter.

Kondisi tersebut membahayakan, karena mengakibatkan tiang tiga rumah warga setempat bergeser dari posisi semula. Kondisi itu, sewaktu-waktu dapat mengakibatkan rumah roboh. Di dusun tersebut terdapat lima rumah yang terancam longsor.

Adapun di Dusun Kelapasawit sudah terdapat longsor sepanjang tiga meter dengan kondisi tanah retak mencapai 50 meter. ’’Di tempat tersebut dikhawatirkan amblas dan mengancam belasan ruman, termasuk rumah yang berada di atas dan di bawah longsor yang terjadi sebelumnya,’’ imbuh Taufik.

Ia berharap, Pemkab mengantisipasi longsor di dua lokasi tersebut. Sementara itu, Kades Peniron Mustakim mengaku telah menyampaikan kepada warga yang bertempat tinggal di sekitar longsor agar segera mengungsi untuk sementara waktu ke tempat yang lebih aman. ’’Terutama saat hujan lebat,’’ pinta Mustakim. Selain itu, pihaknya juga meminta agar warga membuat penahan longsor darurat dengan menggunakan bambu.

Langkah tersebut dapat meminimalisasi longsor susulan yang lebih parah. ’’Kami juga berharap agar Pemkab segera mencari solusi untuk mengantisipasi longsor susulan,’’kata dia. Mustakim mengaku, telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen.

Di daerah perbukitan lainnya yag masih masuk wilayah Pejagoan juga dilaporkan terjadi retakan tanah. Kondisi membahayakan di Desa Kebagoran itu terdapat retakan tanah sepanjang 100 meter dengan lebar sekitar 20 centimeter dan tinggi 30 sentimeter. Meski demikian jauh dari perumahan warga. (K5-42/SuaraMerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!