Kilas Berita:

Apriyanti Berjuang Menjadi Lelaki; Ditolak Teman dan Pekerjaan

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - TIDAK ada satu pun manusia yang bisa memilih menjadi lakilaki atau perempuan saat terlahir di dunia. Tak terkecuali Apriyanti (24) yang terlahir sebagai seorang perempuan.

Tetapi dalam perkembangannya remaja asal RT 02 RW 03 Desa Ayamputih, Kecamatan Buluspesantren, Kebumen itu, saat ini tumbuh sebagai seorang lakilaki. Secara fisik maupun nonfisik, Apriyanti sudah merasa sebagai seorang lelaki. Agar mendapat pengakuan secara hukum atas status barunya, Apriyanti mengajukan permohonan menjadi lakilaki di Pengadilan Negeri (PN) Kebumen.

Sidang perdana atas perkara itu sudah digelar Senin (27/4) lalu. Meski terlahir dari keluarga yang tergolong tidak mampu, tahun 2010 Apriyanti menyelesaikan pendidikan di Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA) Kebumen yang saat ini bernama SMK Bina Nusantara.

Saat sekolah, Apriyanti masih berpenampilan perempuan, termasuk seragam yang dikenakan adalah seragam perempuan. Dalam pergaulan, dia sering mendapat penolakan dari temanteman perempuan, karena dinilai sebagai laki-laki.

Di sisi lain, dia tak diterima di kalangan laki-laki, karena penampilannya yang lebih sebagai seorang perempuan. Diolok-olok teman-temannya, membuat dia terpuruk, bahkan sempat enggan keluar rumah. Kegalauan Apriyanti memuncak selepas tamat sekolah. Dia menyampaikan keinginan menjadi laki-laki kepada keluarga.

Maka periksalah dia ke Puskesmas, dirujuk di RSUD Kebumen dan akhirnya dibawa ke RSUP dr Sardjito Yogyakarta. Hasil dari cek kromosom Apriyanti dominan XY atau laki-laki 72 persen, sementara XX 27 persen.

Menandakan dia lebih dominan laki-laki ketimbang perempuan. Pada April 2014, Apriyanti juga menjalani operasi pada organ kelamin laki-lakinya, sehingga bisa berfungsi normal. ”Sekarang ini saya merasa sebagai laki-laki sejati,” ujar Apriyanti saat ditemui di rumah orangtuanya.

Sebagai anak pertama dari tiga bersaudara Suyatno (54) dan Sutilah (50), Apriyanti ingin segera bekerja untuk membantu meringankan beban ekonomi keluarga. Apalagi setelah kedua orang tuanya berpisah, dia sebagai anak pertama menjadi tulang punggung keluarga. Setelah perpisahan itu, bapaknya tidak lagi mengurus anak-anaknya.

Ditolak Kerja

Tetapi, karena status jenis kelamin yang melekat pada diri Apriyanti sebagai perempuan, padahal penampilan sebagai seorang laki-laki membuat keinginannya bekerja sering kandas. Belum lagi status di ijasah dan surat kelengkapan lain tercantum sebagai perempuan.

”Hal itulah yang membuat saya sedih dan berharap pengajuan permohonan berganti status sebagai seorang laki-laki dapat segera dikabulkan hakim,” tandasnya.

Tak hanya masalah pekerjaan, di usianya yang sudah 24 tahun Apriyanti yang berganti nama menjadi Apriyandika itu, ingin meneruskan hidup sebagai lakilaki. Seperti membina keluarga dan mencari perempuan yang bersedia menjadi pendamping hidupnya. (Supriyanto-32/SuaraMerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!