Kilas Berita:

Angkutan Berat Lepas Kontrol

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Angkutan berat yang bersliweran di Kabupaten Kebumen lepas kontrol. Terutama dari arah Timur, karena jembatan timbang di Butuh Purworejo rusak.

Angkutan berat tersebut baru melewati jembatan timbang saat di Cilacap. Namun jika hanya sampai di Kebumen, maka akan lolos dari pantauan petugas. Padahal kondisi yang tidak terkendali ini memperparah kondisi jalan yang sudah rusak.

Jembatan yang belum diperbaiki sejak pengalihan arus dari Pantura ke jalur selatan tahun lalu pun terkena dampaknya. Antara lain jembatan Luk Ulo Desa Muktisari, Kecamatan/Kabupaten Kebumen. Untuk itu, Unit Pelayanan Perhubungan (UPP) Dishubkominfo Jateng Wilayah Kebumen menggelar operasi rutin dengan melibatkan pihak terkait. Selain Dishubkominfo Kabupaten Kebumen, juga terdapat Satlantas Polres Kebumen, dan Satpol PP Pemkab Kebumen.

Baru-baru ini operasi gabungan tersebut dilaksanakan di Terminal Kebumen Jalan Lingkar Selatan. Hal itu dibenarkan Kepala Terminal Kebumen Muhlisin, Jumat (10/4). “Operasi gabungan tersebut juga melibatkan Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Kebumen, karena langsung digelar sidang di tempat,” kata Iing, panggilan akrab Muhlisin itu.

Hadir Kepala UPP Dishubkominfo Jateng Wilayah Kebumen Edi Soesanto, Kepala Dishubkominfo Kabupaten Kebumen Nugroho Tri Waluyo, Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Yulie Khrisna, dan Kasatpol PP RAI Ageng Sulistyo Handoko. Dalam operasi yang berlangsung sekitar dua jam itu menjaring 70 angkutan. Dalam kesempatan itu, polisi juga menjaring belasan kendaraan bermotor yang tidak dilengkapi surat-surat, seperti SIM dan STNK.

Subsidi Pajak

“Operasi gabungan seperti ini dilaksanakan rutin,” kata Kepala UPP Dishubkominfo Jateng Wilayah Kebumen Edi Soesanto. Sebelum di terminal Kebumen, pihaknya menggelar operasi di jalan raya. Kendaraan yang melintas saat operasi tersebut dicegat dan ditimbang muatannya. Juga diminta menunjukkan kelengkapan surat-suratnya.

Edi mengatakan, operasi tersebut untuk menekan pelanggaran dan memberi efek jera. Di samping itu untuk keselamatan, keamanan dan kenyamanan, baik pengemudi maupun pengendara dan pengguna jalan lain. “Operasi gabungan ini juga sebagai wujud kebersamaan membangun,” imbuhnya. Pemeriksaan kendaraan, meliputi ban gundul, lampu, barang dimensi kendaraan dan tata cara muat. Selain itu kelebihan muatan, izin trayek, dan teknik.

Operasi itu juga berlaku untuk bus, travel, dan armada pariwisata. Sehingga terminal tipe yang biasanya sepi itu menjadi ramai. Terkait jembatan timbang, kata Edi, sesuai Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 menjadi kewenangan pusat. Menurut dia, baik dibuka atau ditutup, anggarannya berada di pusat.

Ia juga menyampaikan, sesuai Permendagri Nomor 101 Tahun 2014, angkutan barang maupun penumpang umum mendapat subsidi pajak kendaraan bermotor dari pemerintah pusat.

Angkutan penumpang umum mendapat subsidi 70 persen pajak, dengan bea balik nama gratis. Adapun angkutan barang mendapat subsidi 50 persen barang. Ketentuan ini diberlakukan mulai 1 April tahun ini. “Untuk angkutan barang saat ini sedang didata untuk dijadikan umum,” katanya. (K5-32/SuaraMerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!