Kilas Berita:

3.931 Buruh Migran Perlu Perlindungan; Perda 5/2014 Mendesak Direvisi

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Aktivis perlindungan buruh sekaligus Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah meminta Pemkab Kebumen melindungi para buruh migran.

Sebab, di daerah itu kini ada sekitar 3.931 buruh migran yang bekerja di luar negeri. ‘’Memang Pemkab telah memiliki Perda 5 Tahun 2014 tentang Penempatan dan Perlindungan Calon Tenaga Kerja Indonesia dan TKI.

Namun perda ini masih sebatas mengatur tata cara penempatan tenaga kerja dan belum mengacu pada Konvensi PBB dan ILO,’’ tandas Anis Hidayah pada Semiloka Perlindungan Buruh Migran yang digelar LSM Indipt di Aula KPR Tulus, Jalan HM Sarbini.

Seminar juga menghadirkan Kepala Sub Direktorat Hak-hak Kelompok Rentan Kementerian Luar Negeri RI Gatra Endah Werdaningtyas, Koordinator Promote-ILO Surabaya Irfan Afandi dan anggota DPRD Kebumen Dian Lestari Subekti Pertiwi dipandu oleh Wahyu Susilo dari Migrant Care.

Anis menghargai sikap maju DPRD Kebumen dan Pemkab yang telah menetapkan Perda 5/2014. Namun setelah ia cermati pasal demi pasal, perlindungan buruh migran dan keluarganya masih sangat prematur. Padahal sesuai Konvensi Internasional PBB 1990 dan Konvensi ILO 189 Pemerintah Daerah wajib memberikan perlindungan kepada para buruh migran secara maksimal.

Terus Meningkat

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Irma Suzanti menyatakan, Kebumen merupakan salah satu basis buruh migran di Jateng. Daerah kantong buruh migran tersebar di pantai selatan mulai Kecamatan Ayah, Buayan, Puring, Petanahan, Klirong, Buluspesantren, Ambal dan Mirit.

Sebagian besar buruh migran itu bekerja di sektor rumah tangga. Dia menjelaskan, jumlah buruh migran asal Kebumen dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Pihaknya mencatat pada 2011 ada 1.909 buruh migran, setahun berikutnya meningkat menjadi 3.836 oang dan pada 2013 sudah meningkat menjadi 3.931 buruh migran.

Menurut Irma, seminar tersebut untuk mendorong Pemkab dan pemangku kepentingan di Kebumen ikut menyosialisasikan Konvensi PBB 1990 tentang hakhak pekerja migran dan anggota keluarganya serta Konvensi ILO 189 tentang kerja layak untuk pekerja rumah tangga. Selain itu, mendesak Pemkab dan DPRD agar segera merevisi Perda 5/2014 serta membuat kebijakan yang lebih berpihak kepada buruh migran.(B3-42/SuaraMerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!