Kilas Berita:

Suka Nembang Jawa, Chen Kondhang

GOMBONG (www.beritakebumen.info) - GADIS semampai ini nada bicaranya kalem. Dia tercatat sebagai mahasiswi semester IV, Fakultas Kedokteran Gigi UGM. Di kalangan teman dan dosen di fakultasnya, gadis bernama lengkap Dyah Anindya ini dikenal jago nembangJawa dan menyanyi campusari.

‘’Bagi saya, nembang Jawa maupun nyanyi campursari itu asyik dan bukan ndesa. Kan ini bagian dari seni budaya kita yang mesti diapresiasi.

Bisa nembang Jawa dan campursari itu malah memiliki nilai plus,’’ ujar perempuan kelahiran Yogyakarta 13 Juni 1995. Kebolehannya melantunkan macapat dan menyanyi campursari itu sempat ia perlihatkan saat malam keakraban keluarga besar FKG UGM, di Hotel Grafika Gombong, Kebumen, belum lama ini.

Malam itu, dengan nada suaranya yang merdu, tanpa canggung Dyah naik panggung dan nembang Jawa serta menyanyikan satu lagu campursari milik Didi Kempot. Di Kampus Dyah mengaku, justru dari kemampuannya itu ia sempat beberapa kali diminta tampil di kampus maupun di berbagai kegiatan.

Misalnya, bila di kampus ada tamu asing, dia diminta menghibur dengan suara emasnya. Demikian pula saat kegiatan lain atau bakti sosial.

Menurut puri pasangan Bambang Wiranto dan Sri Harti Widyastuti itu, bakat seninya mungkin menurun dari ibunya yang juga pengajar Bahasa Jawa di UNY. Sejak kecil dia sering mendengar ibunya nembang Jawa. Bahkan, ia pun dilatih ibunya agar bisa ikut tilawatil Quran yang didendangkan ala lagu Jawa.

Dia pun suka berlatih menari serta main teater saat di SMA. Pengalaman berharga dia rasakan ketika beberapa waktu lalu bersama 200 rekan satu angkatan mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat selama dua hari di Gombong. Bahkan, saat itu bersama dokter koas RS UGM dan kakak kelas ikut terjun langsung memberikan sosialisasi pentingnya merawat dan menjaga kesehatan gigi.

Menurut Dyah, dokter gigi perlu memberikan pengertian pentingnya anak-anak maupun orang dewasa menjaga gigi yang sehat. Bahkan bagi anak-anak, perlu sekali ditanamkan agar mencegah gigi berlubang atau sisurre fealant. ‘’Ketika itu kami merasakan terjun langsung ke masyarakat dan tanggapan anak-anak serta orang tua di Gombong antusias.” (B3-42/SuaraMerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!