Kilas Berita:

SLB Dituntut Antar Siswa Masuki Dunia Kerja

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Kian beratnya tantangan kehidupan dewasa ini mendorong para pengelola Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kebumen kini semakin teregerak untuk mampu mengantarkan anak didiknya agar bisa memasuki dunia kerja kelak setelah si anak lulus sekolah.

"Sebagai sebuah lembaga akademik bagi anak-anak berkebutuhan khusus kami tak hanya berkewajiban mengantar anak didik sampai lulus sekolah saja, melainkan juga dituntut untuk mengantar si anak memperoleh kemandirian dalam menapaki jalan kehidupannya di tengah masyarakat, diantaranya bisa bekerja mencari nafkah," ujar Wakil Kepala SLB Putra Pertiwi Kebumen, Larasari SPd di ruang kerjanya, Selasa (10/03/2015).

Salah satu cara agar anak lulusan SLB bisa bersaing di dunia kerja saat ini menurut Laras adalah dengan membekali si anak dengan keterampilan kerja yang memadai. Untuk itu, setelah lulus atau sebelum lulus SLB, si anak bisa dikirim ke balai-balai latihan kerja bagi anak-anak berkebutuhan khusus di berbagai daerah.

Untuk anak-anak tuna rungu misalnya bisa diarahkan memasuki dunia kerja bidang industri mesin, elektronik, konstruksi, pariwisata dan lainnya. Dengan demikian mereka harus terlebih dahulu mengikuti pelatihan sesuai bidang yang dipilihnya.

Sedangkan anak-anak berkebutuhan khusus lainnya seperti tuna netra dan tuna grahita bisa diarahkan ke bidang yang sesuai dengan kapasitas nalar dan fisiknya, seperti usaha penjualan pulsa telepon genggam, rumah makan, usaha loundri/cuci pakaian, penjahit, kerajinan tangan dan lainnya.

"Namun harus disadari bahwa dunia kerja belum tentu mau menerima begitu saja para lulusan SLB, kendati si anak sudah memiliki keterampilan memadai. Untuk itu kami harus rajin mencari informasi tentang lowongan kerja di berbagai perusahaan yang mau menerima lulusan SLB dan membantu bernegoisasi dengan pemilik perusahaan," jelas Laras. (Dwi/KRJogja)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!