Kilas Berita:

Reses DPD Jadi Ajang Curhat

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI wakil Jateng Denty Eka Widi Pratiwi bertemu dengan konstituennya di Kebumen, Senin (9/3).

Pertemuan dalam rangka reses itu berlangsung di halaman rumah tokoh pengusaha jasa konstruksi Gatot Amir di Desa Wonosari, Kebumen. Dari pantauan Suara Merdeka, pertemuan yang dihadiri para pensiunan karyawan Pemkab Kebumen, politisi, tokoh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) itu menjadi ajang curhat.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam itu banyak keluh kesah disampaikan mulai dari masalah kesejahteraan perangkat desa, perencanaan pembangunan, hingga kebocoran anggaran negara.

Kepala Desa Wonosari, Mustolih misalnya mencurahkan bagaimana beban kerja perangkat desa yang semakin berat. Meski demikian, kesejahteraan perangkat desa belum diperhatikan pemerintah. Dia menyampaikan Tunjangan Perangkat Aparatur Pemerintah Desa (TPAPD) saat ini hanya Rp 500.000/bulan.

Padahal dengan Undang-undang Desa, bengkok akan ditarik. “Akibat minimnya kesejahteraan, jadi profesi perangkat desa saat ini hanya sebagai profesi sampingan saja,” ujar Mustolih berharap pemerintah memikirkan nasib perangkat desa. Pegiat LSM Arak, Riyanto juga mengadukan perencanaan pembangunan daerah yang amburadul.

Dia mencontohkan, rehabilitasi rumah tidak layak huni (RLTH) yang sudah diusulkan melalui masyawarah desa, ternyata digusur faktor tertentu. “Lalu apa fungsinya ada musyawarah dari tingkat dusun sampai kabupaten,” katanya berapi-api.

Perangkat Desa Kewangunan yang juga aktivis LSM Sujud Sugiarto, lebih menyoroti dugaan kebocoran anggaran negara tidak hanya di pusat, tetapi diduga terjadi di daerah. Selama tahun 2014, dia mensinyalir ada kebocoran sekitar Rp 36 miliar yang salah satunya diduga yang menikmati pejabat.

“Tetapi memang sulit membuktikan, karena sudah sistematis. Saya tahu karena masuk ke situ, mulai dari dana sogokan, dana rintisan, belum lagi di lembaga legislatif,” ujarnya menambahkan, anggaran negara habis untuk belanja rutin, seperti membayar pegawai termasuk tunjangan sertifikasi guru 100 persen.

Asisten III Sekda Tri Haryono memaparkan potensi daerah Kebumen yang saat ini sedang berkembang adalah batu akik. Kerajinan akik ini menyerap banyak tenaga kerja. Untuk itu, pihaknya mengusulkan bantuan mesin produksi berupa gerinda agar dapat dimanfaatkan untuk mendukung kerajinan akik.

Dukungan Pemasaran

“Selain itu, perlu adanya dukungan pemasaran. Untuk itu, perlu bantuan berupa etalase untuk mengangkat citra akik Kebumen lebih tinggi,” ujarnya. Sementara itu, Denty Eka Widi Pratiwi menyampaikan, dana ke desa yang dianggarkan APBN sebagai amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, menjadi peluang desa untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan.

Dana desa jangan habis untuk membangun infrastruktur, tetapi juga mesti digunakan untuk menumbuhkan ekonomi kerakyatan. “Paradigma membangun bukan hanya pavingisasi, semen dan pembangunan jembatan. Tetapi juga membangun ekonomi kerakyatan dan mengembangkan potensi daerah,” katanya menyebutkan pembangunan tidak hanya kegiatan sesaat, tetapi kegiatan yang berkesinambungan.

Senator asal Temanggung itu menambahkan, banyak potensi desa yang dapat dikembangkan menjadi industri kreatif. Dengan begitu, perekonomian desa semakin berkembang maju, dan siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang sudah di depan mata.

Hanya saja diakui, dana desa yang dikucurkan masih sangat sedikit. Karena itu DPD akan terus memperjuangkan agar besaran dana yang diterima desa seperti yang diamanatkan UU. “Saat ini dana yang berikan belum ada seperlimanya,” ujar Denty. (J19- 32/SuaraMerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!