Kilas Berita:

Perda Penempatan TKI Disosialisasikan

KARANGANYAR (www.beritakebumen.info) - Perda Nomor 5 Tahun 2014 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI disosialisasikan di Hotel Candisari, Karanganyar, Kebumen, Rabu (4/3). Sosialisasi yang diikuti sejumlah camat dan kepala desa di kantong TKI, meliputi Kecamatan Ayah, Puring, Petanahan, Klirong, Adimulyo, dan Karanganyar itu dibuka Sekda Adi Pandoyo.

Adi Pandoyo mengemukakan, tanggung jawab Pemkab, yakni mengawasi pelaksanaan penempatan calon TKI yang berkoordinasi dengan instansi terkait. Di samping itu menyebarluaskan sistem informasi penempatan calon TKI di luar negeri serta melakukan pembinaan, pengawasan, dan perlindungan calon TKI dan TKI.

Adapun kewajiban Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS), antara lain membuat laporan keberangkatan dan kepulangan serta pemantauan TKI. Di samping itu melaporkan kasus dan penyelesaian kasus TKI.

Klarifikasi

Jika TKI yang telah terdaftar di PPTKIS terkena kasus di luar negeri, dia menjelaskan dapat melakukan klarifikasi terkait kasus tersebut di negara bersangkutan.

Dalam sosialisasi yang disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Kebumen Dwi Suliyanto itu juga dijelaskan mengenai pembinaan dalam penyelenggaraan penempatan dan perlindungan calon TKI dan TKI oleh Pemkab.

Kegiatan yang dilaksanakan dinas terkait itu, meliputi informasi data, sumber daya manusia, perlindungan TKI dan kelembagaan. “Pengawasan terhadap penyelenggaraan penempatan dan perlindungan calon TKI dan TKI dilaksanakan Disnakertransos dengan melaporkan hasilnya ke bupati,’’ katanya.

Suliyanto menambahkan, PPTKIS yang melanggar akan diberi sanksi administratif, berupa peringatan tertulis, penundaan pelayanan, penghentian sementara, sebagian atau seluruh kegiatan perekrutan calon TKI, dan rekomendasi pencabutan izin kantor cabang. Bahkan sanksinya bisa dipenjara paling lama enam bulan atau denda paling banyak Rp 50 juta. (K5-32/SuaraMerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!