Kilas Berita:

Onderdil Motor Curian Dijual Online

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Jajaran Polsek Kota Kebumen berhasil mengungkap kasus pencurian onderdil motor di bengkel Jaya Abadi Motor Jalan Pangeran Bumidirjo Kawedusan, Kebumen. Dua dari tiga tersangka pelaku pencurian berhasil ditangkap, masing-masing Sigit Ristanto (27) warga Desa Kawedusan dan Ludiawan (23) warga Watubarut, Desa Gemeksekti. Sedangkan satu pelaku lain masih buron. Aksi pencurian oleh trio pencuri ini dilakukan Minggu (15/3) dinihari.

Modusnya, mereka masuk bengkel dan toko yang ditinggal pemiliknya dengan cara merusak ventilasi di atas pintu belakang toko. Sejumlah onderdil dan sparepart motor, seperti ban, pelek, kampas rem, oli, ruji serta tromol motor diambil. Pelaku juga menyikat dua ekor burung koci. Akibatnya pemilik bengkel Nursodik (27), warga Wadasmalang, Karangsambung merugi hingga jutaan rupiah. Pencurian itu baru diketahui saat korban membuka bengkelnya, Senin (16/3). Korban kaget melihat kondisi almari penyimpan dagangan sudah dalam kondisi acak-acakan. Sadar jadi korban pencurian, korban melapor ke Mapolsek Kota Kebumen.

Sementara itu, dari hasil penyelidikan, para pelaku menjual onderdil barang curian itu secara online melalui group jual beli sparepart motor Kebumen di Facebook. Sedangkan sisanya dijual di Pasar Koplak Dokar. Barang-barang curian itu dijual murah. Lima kaleng oli yang dijual Rp 100.000, padahal harga aslinya bisa dua sampai tiga kali lipat. Lebih Cepat Tersangka Sigit Ristanto mengaku jika menjual secara daring jauh lebih mudah dan cepat. Dia hanya butuh waktu satu hari untuk menjual sebagian barang-barang curiannya itu. ”Tinggal kopi darat, ketemuan dan bayar,” katanya menyebutkan uang hasil penjualan itu digunakan untuk foyafoya setelah sebelumnya dibagi dengan tersangka lain.

Kapolres Kebumen AKBP Faizal melalui Kapolsek Kota Kebumen AKP Mawakhir mengatakan, hingga Jumat (27/3) kedua tersangka ditahan di Mapolsek Kota Kebumen. Keduanya tersangka dijerat pasal 363 KUHP mengenai pencurian dengan pemberatan (curat) dengan ancaman tujuh tahun penjara. ”Kami masih melakukan pengejaran terhadap satu tersangka yang melarikan diri,” ujar AKP Mawakhir didampingi Kanit Reskrim Aiptu Fuad Inayah.

Dia mengakui tren penjualan secara daring memang tengah marak. Untuk itu dia mewantiwanti masyarakat agar tidak mudah tergiur dengan barangbarang yang dibandrol dengan harga miring. ”Pastikan barangbarang itu bukan hasil kejahatan. Sebab ada resiko tersendiri jika membeli barang-barang curian,” ujar Mawakhir. (J19-32/SuaraMerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!