Kilas Berita:

”Kosongkan Tambak Udang”; ● Lokasi di Urut Sewu Tanpa Izin

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Tambak udang di wilayah Urut Sewu harus dikosongkan. Pasalnya, pemakaian tanah tersebut tidak berizin. Di samping itu tidak sesuai dengan peruntukannya, karena berada di wilayah pertahanan keamanan.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Perwakilan Dislitbang TNI AD Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren, Kebumen Mayor Inf Kusmayadi usai mengecek lokasi tambak di Desa Wiromartan, Kecamatan Mirit, Kebumen bersama Subden POM Purworejo Murtopo dan Pasi Intel Kodim 0709 Kebumen Kapten Inf M Kholiludin, kemarin.

Menurut Mayor Inf Kusmayadi, tidak ada alasan yang membenarkan untuk membangun tambak udang di areal lapangan tembak TNI.

Sebagaimana disebutkan dalam Surat Dirjen Pajak Inspeksi Iuran Pembangunan Daerah Departemen Keuangan RI Nomor S.1.085/WPJ.05/KI.1807/1982 tanggal 12 Juli 1982 tentang batas tanah milik dengan tanah negara pantai Kecamatan Buluspesantren, Ambal, dan Mirit.

“Juga Surat Dirjen Kekayaan negara Kementerian Keuangan RI Nomor S- 825/KN/2011 perihal penelusuran data/dokumen tempat latihan/uji coba senjata TNI di wilayah Urut Sewu Kabupaten Kebumen,” tegasnya.

Dalam surat Dirjen itu disampaikan, tanah yang digunakan TNI untuk tempat latihan/uji coba senjata di wilayah Kecamatan Mirit, Ambal dan Buluspesantren seluas 1.150 hektare yang diperoleh dari peninggalan KNIL adalah barang milik negara (BMN), karena terdaftar di inventaris kekayaan negara (IKN) Kemenhan/TNI cq TNI AD Kodam IV Diponegoro dengan nomor register 30709034.

Dalam Perda Kabupaten Kebumen Nomor 23 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Kebumen tahun 2011- 2031 pasal 40 berbunyi, daerah latihan dan uji coba senjata TNI meliputi Mirit, Ambal, dan Buluspesantren.

Tanpa Izin

Adapun surat Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Pemkab Kebumen Nomor 590/04/Kep/2013 tanggal 28 Februari 2013 tentang Izin Penetapan Lokasi Tanah untuk Lapangan Tembak dan Uji Coba Senjata TNI AD yang terletak di Desa Mirit Petikusan, Desa Tlogodepok, Desa Mirit, Desa Tlogopragoto, Desa Lembupurwo dan Desa Wiromartan.

Mayor Inf Kusmayadi menambahkan, dalam areal lapangan tembak itu tidak boleh ada bangunan permanen, tanaman keras, termasuk tambak udang.

Dalam Pasal 2 Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) Nomor 51 Tahun 1960 tentang Larangan Pemakaian Tanah Tanpa Izin yang Berhak atau Kuasanya, menyebutkan dilarang memakai tanah tanpa izin yang berhak atau kuasanya yang sah.

Pada Pasal 3 kemudian disebutkan, penguasa daerah dapat mengambil tindakan untuk menyelesaikan pemakaian tanah yang bukan perkebunan dan bukan hutan tanpa izin yang berhak atau kuasanya yang sah, yang ada di daerahnya masing-masing pada suatu waktu.

Selanjutnya Pasal 4 disebutkan, dalam rangka menyelesaikan pemakaian tanah, penguasa daerah dapat memerintahkan kepada yang memakainya untuk mengosongkan tanah yang bersangkutan dengan segala barang dan orang yang menerima hak daripadanya.

Jika setelah berlakunya tenggang waktu yang ditentukan di dalam perintah pengosongan tersebut belum dipenuhi yang bersangkutan, maka penguasa daerah atau pejabat yang diberi perintah olehnya melaksanakan pengosongan atas biaya pemakai tanah itu sendiri.

“Batas waktu yang diberikan, yakni setelah panen udang Maret ini. Sehingga awal April harus dikosongkan,” tegas Mayor Inf Kusmayadi.

Terpisah, Komandan Subdenzibang Purworejo Letda Zzi Deniy Setiawan mengajak aparat terkait termasuk aparat desa dan masyarakat untuk mematuhi aturan yang ada, sehingga tidak ada yang dirugikan. (K5-32)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!