Kilas Berita:

Khotmil Quran Dimeriahkan Kuda Joget

AMBAL (www.beritakebumen.info) - Khotmil (khataman) Quran di Desa Entak, Kecamatan Ambal, Kebumen dimeriahkan kuda joget dan iring-iringan odong-odong, Minggu (8/3). Warga di lingkungan desa sekitar antusias mengikuti iring-iringan tersebut. Mereka menaiki sebanyak tujuh odong-odong yang terdapat 14 gerbong. Masing-masing gerbong terdapat sekitar 50 penumpang, sehingga ada sekitar 700 warga yang berada di kereta mainan itu.

Belum lagi iring-iringan mobil pikap yang membawa rombongan kesenian tradisional, dari mulai jam janeng hingga rebana. Lantunan lagu yang mengagungkan Nabi Muhammad SAW pun bersahut- sahutan. Penempatan peserta iringiringan tersebut memang sengaja di selang-seling. Setelah barisan peserta khotmil Quran yang menaiki kuda joget, diikuti odong-odong. Dari 15 peserta khotmil Quran itu dibagi menjadi tujuh.

Mereka beraksi mengikuti kuda joget dengan diiringi musik yang rancak dan lagu penyemangat. Kemeriahan itu dapat disaksikan sejak barisan depan, yang terdapat grup drum band dan iring-iringan kendaraan.

Selanjutnya kuda joget dan odongodong yang penempatannya di selang-seling. Komposisi itu menjadikan warga yang menyaksikan dari pinggir jalan tak henti-hentinya mendapatkan hiburan menarik, hingga barisan akhir yang terdapat replika kapal yang terdapat tulisan “Sea Nane”.

Melalui Guru

Pada sore itu, rumah-rumah penduduk tampak sepi karena warganya tumpah ruah untuk menyaksikan iring-iringan tersebut. Selain warga Entak juga terdapat warga Desa Kembaran, Desa Kenoyojayan Kecamatan Ambal dan warga Desa Brecong, Kecamatan Buluspesantren.

Semua desa tersebut dilalui peserta khotmil Quran dan mereka kembali finish di kediaman Kiai Zen Abdul Waris Desa Entak. Hadir perangkat desa di wilayah Urut Sewu dari mulai Mirit, Ambal, Buluspesantren, Klirong, Petanahan, Buayan, Puring, dan Ayah. Sejumlah pejabat juga berdatangan.

Tidak ketinggalan Anggota Koramil Ambal dan Kodim 0709 Kebumen. Di kediaman Kiai Waris tersebut, sebanyak 15 peserta khotmil Quran telah mengkhatamkan Alquran. “Iring-iringan ini sebagai bentuk Syiar Islam,” katanya. Sebelumnya dilaksanakan pengajian yang disampaikan Kiai Miftahul Zuhri dari Sruweng Kebumen.

Kiai kharismatik itu menekankan pentingnya mendidik anak melalui guru agar pemahaman keilmuannya tidak keliru. Di samping itu juga menyampaikan bahayanya narkoba yang disebut Kiai Miftahul Zuhri merupakan akronim dari Negara Akan Rusak Kalau Orangorangnya Buta Agama.

“Mari kita kontrol bersama agar generasi penerus bangsa tidak terjerumus narkoba,” tuturnya. Dan wilayah Urut Sewu merupakan benteng pertahanan utama. Selain lokasinya berada paling ujung selatan, juga amanat dari nenek moyang yang menitikberatkan pada pendalaman agama dan budaya Jawa. (K5- 32/SuaraMerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!