Kilas Berita:

Izin RSUD Terkatung-katung; Rapat Pansus Kembali Batal

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Izin RSUD Tipe B terkatung-katung. Bahkan hingga kini, rumah sakit yang diberi nama Dr Soedirman itu masih mengurus izin operasional Tipe C dan ternyata, pihak rumah sakit baru mengajukan bimbingan teknis pada 2013. Itu pun belum memenuhi persyaratan.

Untuk menindaklanjuti masalah tersebut, Pansus RSUD Tipe B memanggil eksekutif untuk mengikuti rapat pada Selasa (17/3). Namun, rapat yang dipimpin oleh Ketua Pansus RSUD Tipe B Dian Lestari Subekti Pertiwi itu kembali batal dilaksanakan, karena dari kalangan eksekutif tidak hadir. Dian yang membuka rapat pada pukul 10.00 itu lalu menutupnya pukul 10.45.

Hadir Anggota Pansus RSUD Tipe B Yuniarti Widayaningsih, Muhsinun, Supriyati, Joko Budi Sulistyanto, Sarimun, Agung Prabowo, Adib Mutaqim, Ermi Kristanti. Para wakil rakyat itu lantas menggelar konferensi pers di Kantor DPRD Kebumen. Menurut Joko Budi Sulistyanto, yang juga ketua Komisi D DPRD Kabupaten Kebumen, sebelumnya, rapat internal dengan pihak terkait juga tidak dihadiri Dinas Kesehatan dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

Padahal, Pansus perlu penjelasan dari pihak eksekutif menyusul konsultasi ke sejumlah kementerian dan studi banding ke Sukoharjo. Konsultasi dilakukan ke Biro Organisasi Privinsi Jateng, Dinkes Provinsi Jateng, Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), serta Kementerian Hukum dan HAM.

‘’Pansus bekerja siang malam, tetapi yang kami sayangkan, dari eksekutif sendiri malah lambat merespons,’’ kata Joko yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kebumen. Dari hasil konsultasi Pansus, diketahui rumah sakit tersebut tengah mengurus izin operasional yang pindah alamat dari bangunan lama ke bangunan baru.

Belum Terpenuhi

Selain itu, mengurus izin operasional rumah sakit tipe C serta baru mengajukan bimbingan teknis tahun 2013. Hingga kini, izin tersebut tak kunjung diajukan lagi lantaran persyaratannya belum terpenuhi.

‘’Terkait hal tersebut, Pansus sangat kecewa karena eksekutif tidak datang dalam rapat,’’ imbuh Joko. Ditambahkan Yuniarti Widayaningsih, visitasi dari Dinkes Provinsi terdapat catatan-catatan yang harus dipenuhi terkait keluarnya izin operasional dalam rangka kenaikan kelas RSUD tipe B itu. Antara lain gedung, instalasi, administrasi, troly emergency , dan kebutuhan alat kesehatan.

‘’Jadi, izin operasional rumah sakit tersebut harus dari awal karena pindah tempat,’’ jelas Shally, panggilan akrab Yuniarti Widayaningsih itu. Pihaknya pun meminta komitmen Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Kebumen selaku Dewan Pengawas Internal RSUD untuk memenuhi catatan-catatan tim visitasi dari Dinkes Provinsi Jateng itu.

‘’Dan apakah DPPKAD sudah menginventarisasi atau belum, sesuai perhitungan aset, baik sarana prasarana maupun sumber daya manusia yang dimiliki? Sehingga dalam hal ini kita mengklarifikasi,’’ tambahnya.

Terkait ketidakhadiran eksekutif saat rapat kemarin, Pansus RSUD Tipe B pun belum bisa menindaklanjuti pembahasannya. Shally berharap, ada penjelasan dari pihak eksekutif kepada Pansus di lain waktu, sehingga pengurusan izin RSUD bisa segera selesai. terlebih, tim visitasi memberi batas waktu enam bulan untuk memenuhi kekurangan persyaratannya. ‘’Kami harapkan sebelum enam bulan sudah klir semua,’’ pinta Shally. (K5-42/SuaraMerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!