Kilas Berita:

Dijenguk Mantan Pengawal Soekarno, Soenarto Sumringah

GOMBONG (www.beritakebumen.info) - SIANG itu belum genap pukul 11.00. Ruang VIP Lantai II RS Pius Palang Biru Gombong di Jl Kartini relatif sepi. Ketua LVRI Kebumen yang juga tokoh pejuang 45, Soenarto (88), sejak Selasa pekan lalu dirawat di ruangan tersebut. Soenarto dikenal sebagai saksi sejarah dan tokoh lima zaman di Kebumen, hingga Senin (23/3) lalu masih diinfus namun terlihat segar.

Bicaranya pun masih jelas. Ditemani seorang perawat, dia mampu berkomunikasi dengan para tamu yang menjenguknya. Terlihat Sekretaris PMI Kebumen Kinanto yang awal datang ke ruangan VIP, disusul dua orang cucu Soenarto.

Namun tak berapa lama sebuah pemandangan menarik pun muncul saat tanpa disangka, Dalimin Ronodipuro (96) yang tak lain sesama tokoh Veteran dan mantan pengawal pribadi Presiden Soekarno tahun 1950-1960-an datang. Meski harus dibantu dua cucunya, mantan pasukan Brimob itu dengan semangat tinggi masuk bangsal dan segera mendekati tempat tidur Soenarto.

Berbeda dari penjenguk umumnya yang sekadar bersalaman sembari membisikkan doa, Dalimin yang dulu biasa dipanggil Bung Karno dengan sebutan Kak Dalimin itu layaknya masih berdinas di kepolisian segera melakukan hormat dan salam komando. Meski secara usia lebih tua, Dalimin tak segan memberi hormat lalu saling berjabat erat dengan salam komando khas militer.

Sering Bertemu

”Kami ini tiap bulan sering bertemu saat acara veteran. Mendengar Pak Narto sakit, saya langsung minta cucu mengantar ke rumah sakit untuk membesuk. Lega rasanya,” jelas Dalimin yang mengenakan peci oranye khas Legiun Veteran serta jaket doreng cokelat milik Polri.

Soenarto pun kepada para tamunya menjelaskan, Dalimin di era tahun 1950-1960 termasuk orang penting. Betapa tidak, Dalimin mauk masuk ring satu pengawal Bung Karno. ”Kalau sekarang namanya pasukan Paspampres.

Jadi, dia itu orang penting sekaligus sahabat saya karena sama-sama tuanya di veteran,” ujar Soenarto dengan mimik tegas. Ketua LVRI itu mengaku dirinya terkena sakit sejak Selasa pekan lalu. Sebelum sakit dia masih aktif menghadiri berbagai kegiatan seminar kebangsaan atau pun menjenguk kerabat yang sakit.

Namun Selasa lalu di bagian dengkul kakinya terasa sakit seperti tersengat lebah. Sejak itu dipakai berjalan sakit. Dia pun diantar keluarganya untuk rawat inap di RS Pius Gombong. Setiap hari ditangani Dokter Bambang Suryanto yang ahli penyakit dalam.

Namun hingga Senin okter belum tahu apa penyakit yang dideritanya. ”Ya katanya belum tahu apa penyakit saya. Kondisi sudah lebih enak namun untuk buang air kecil masih sakit,” ucap lelaki sepuh yang kerap menjadi narasumber tentang sejarah perjuangan di Kebumen itu. (Komper Wardopo-78/SuaraMerdeka | Sumber Foto : Komper Wardopo )



_________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!