• Kabar Terkini

    24 February 2015

    Tiap Desa Diharapkan Tangguh Bencana

    SEMARANG (www.beritakebumen.info) - Kegiatan sinkronisasi dan harmonisasi program Desa Berdikari, Desa Tangguh Bencana dan Sistem Informasi Desa diharapkan Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP akan membentuk setiap desa di Jawa Tengah siap menghadapi bencana.

    “Harapannya dalam forum ini ada pertukaran pengalaman dari masing masing kabupaten/kota termasuk lembaga-lembaga peduli bencana. Kalau kita bisa mendapatkan ilmu itu, kita bagi, kemudian kita dorong dengan sebuah harapan setiap desa siap saat terjadi bencana," kata Ganjar saat memberi sambutan dalam acara Rapat Koordinasi, Sinergi dan Sinkronisasi Program Desa Berdikari, Desa Tangguh Bencana, dan Sistem Informasi Desa di Gedung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Provinsi Jawa Tengah, Senin ( 23/2).

    Ganjar menerangkan kesiapan desa yang dimaksud adalah siap mengerti sistemnya, alat yang digunakan dan SDM yang mengelola sistem itu. Tanpa kesiapan itu, upaya meminimalisir jatuhnya korban menjadi sia-sia.

    “Mengajak masyarakat peduli bencana sangat penting, dulu memasang alat deteksi dini Tsunami hilang karena tidak mengajak masyarakat. Sekarang mengajak partisipasi masyarakat saat memasang alat early warning system tanah longsor, alatnya relatif terjaga,” tutur Ganjar.

    Jika ada pelatihan-pelatihan bencana, ia berharap desa bisa mengikutinya. Harapannya satu desa saja yang bisa mengerti tanda-tanda bencana, banyak jiwa yang bisa terselamatkan.

    Kepala Pelaksana Harian BPBD Provinsi Jateng Sarwa Pramana SH MSi menyampaikan indikator desa tangguh benang merahnya adalah desa berdikari. Sebab, di dalamnya ada sistem EWS dari tim mitigasi bencana dan perlindungan kegiatan untuk kelompok-kelompok yang rentan.

    Sebagai informasi, pada kesempatan itu dilakukan pula penandatanganan MoU kemitraan penanggulangan risiko bencana antara Mercy Corp Indonesia dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam rangka pelaksanaan Program Technical Assistance Training Teams (TATTS/Humas Jatengprov)


    _________________________________________________________________________________________

    DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

    _________________________________________________________________________________________
    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    beritakebumen@gmail.com

    =============================================================
    Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
    | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
    =============================================================
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Tiap Desa Diharapkan Tangguh Bencana Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas