• Kabar Terkini

    14 February 2015

    Tenaga Honorer Kebersihan Lanjut Usia Diberhentikan

    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Dinilai tak lagi menunjukkan kinerja yang efektif, 31 tenaga honorer kebersihan Pemkab Kebumen berstatus pegawai tidak tetap (PTT) lanjut usia akhirnya diberhentikan tanpa pesangon ataupun uang pensiun. Namun dengan dilandasi keinginan untuk memberikan penghormatan atas jasa dan pengabdian mereka, Pemkab merekrut tenaga kebersihan baru berusia muda yang masih punya ikatan saudara dengan mereka.

    "Mereka diberhentikan karena usia sudah mencapai 58 sampai 65 tahun dan daya kerja sudah tak optimal sesuai aturan, misalnya aturan kerja harus menyapu dua kali dalam sehari, mereka hanya melakukannya satu kali saja. Dengan pertimbangan itu, maka sejak 1 Januari 2015 lalu mereka kami berhentikan tanpa hak pensiun karena bukan pegawai negeri sipil," ungkap Kabid Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kebumen, Marjono SE MM di ruang kerjanya, Jumat (13/02/2015).

    Menurut Marjono dengan pertimbangan rasa kemanusiaan Pemkab Kebumen mengambil kebijakan merekrut anak, keponakan atau saudara mereka sebagai tenaga pengganti. Para tenaga baru tersebut statusnya bukanlah tenaga honorer, melainkan tenaga harian lepas dengan upah Rp 37 ribu/hari dan mendapatkan upah berdasarkan daftar hadir mereka setiap harinya.

    Perekrutan tenaga baru berstatus tenaga harian lepas itu disebabkan pemerintah daerah kini dilarang mengangkat tenaga honorer baru. "Jam kerja mereka 7 jam per hari, jam 05.00 sampai 07.30 dan 13.00 sampai 16.30 atau tergantung luas dan wilayah kerjanya. Uniknya, saat bekerja mereka dibantu oleh suami, isteri atau saudara mereka agar jatah pekerjaan mereka cepat selesai," jelas Margono.

    Pasca regenerasi tenaga kebersihan tersebut, berdasarkan pemantauan DPU Kebumen kondisi kebersihan bagian kota yang ditangani oleh tenaga baru terlihat meningkat dibandingkan sebelum regenerasi. Namun dengan total 180 petugas kebersihan terdiri dari tukang sapu, perawat taman, pengangkut sampah dan sopir truk sampah yang bertugas di kota Gombong, Karanganyar, Kebumen, Kutowinangun dan Prembun, Kebumen masih kekurangan tenaga kebersihan yang idealnya 600 petugas. (Dwi/krjogja)


    _________________________________________________________________________________________

    DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

    _________________________________________________________________________________________
    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    beritakebumen@gmail.com

    =============================================================
    Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
    | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
    =============================================================
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Tenaga Honorer Kebersihan Lanjut Usia Diberhentikan Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas