Kilas Berita:

Sumur Warga Tercemar Limbah

KARANGSAMBUNG (www.beritakebumen.info) - Sumur warga Dukuh Kraminan RT 5 / RW 1, Desa Kaligending, Kecamatan Karangsambung, Kebumen, tercemar limbah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. Posisi sumur warga yang berada di bawah TPA itu pun kian keruh dan berwarna merah kehitam-hitaman. Kini warga tidak bisa manfaatkan air di sumur tersebut.

Terutama untuk dikonsumsi. Ketua RT 5 RW 1, Muhammad Rusiyanto nengatakan, sumur yang tercemari limbah TPA itu berlangsung sejak seminggu lalu. Kondisinya semakin parah menyusul hujan yang kerap mengguyur wilayah tersebut.

Menurutnya, di RT 5 terdapat 45 rumah yang sebagian besar menggunakan sumur di sekitar rumahnya untuk mencukupi kebutugan sehari-hari. “Saat ini kami kesulitan air bersih,” katanya.

Adanya pencemaran tersebut telah dilaporkan kepada Kepala Desa Kaligending, Sutarmo. Selanjutnya diteruskan ke pihak kecamatan didampingi aktivis Forum Peduli Konservasi Lahan dan Bebatuan (FPKLB). Prihatin Ketua FPKLB Dwi Kurniawan menyatakan prihatin atas pencemaran di lingkungan TPA tersebut.

Ia juga menyayangkan sekaligus mempertanyakan kenapa tidak ada langkah antisipasi terhadap dampak lingkungan sehubungan dengan air bersih. “Karena itu pihak terkait diminta mengkaji ulang Perda Nomor 10 Tahun 2011 dan Renstra Pemkab setiap tahunnya yang berkaitan dengan penanganan limbah,” kata Dwi. Dwi juga telah berkoordinasi dengan Camat Karangsambung, Rianto Setyo Hartono, yang mengimbau agar penyikapan terhadap keluhan warga tersebut dilakukan secara prosedural dan bijaksana.

Mengingat, perhatian pemerintah terhadap persoalan lingkungan selama ini juga cukup tinggi. Terlebih masalah sampah menjadi prioritas penanganan dalam menghadapi penilaian Adipura. “Perhatian pemerintah terhadap persoalan lingkungan lainnya seperti penambangan ilegal yang menyebabkan erosi, penularan cikungunya di lingkungan hutan pinus, serta kebersihan,” tandas Rianto. (K5-78/Suaramerdeka)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!