• Kabar Terkini

    11 February 2015

    Raperda RSUD Terancam Ditolak Pansus

    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Rencana Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Soedirman Kebumen, untuk meningkatkan status dari tipe C ke tipe B, terancam gagal dilakukan tahun ini. Padahal dari segi fasilitas dan pelayanan, RSUD ini terus berbenah. Penyebabnya, Panitia Khusus (Pansus) 3 DPRD Kebumen yang membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Organisasi dan Tata Kerja RSUD Kelas B, mengisyaratkan bakal menolak Raperda usulan Pemkab Kebumen itu. Padahal Raperda tersebut merupakan regulasi yang harus ditempuh sebelum diterapkannya peningkatan tipe rumah sakit. Wakil Ketua Pansus 3, Muhsinun menyatakan, selain masih terkendala kurangnya SDM, tenaga medis, dan teknis lainnya, juga karena PP 47/2007 tentang organisasi perangkat daerah akan direvisi oleh pemerintah pusat. PP tersebut merupakan dasar penyusunan Raperda tentang Organisasi dan Tata Kerja RSUD Kelas B.
    “Sesuai dengan konsultasi Pansus dengan Kementerian Dalam Negeri, PP tersebut akan direvisi pada pertengahan tahun ini,” kata politisi PKB ini di gedung DPRD Kebumen, Senin (10/2). Menurut dia, pembahasan Raperda paling ideal dilakukan setelah adanya revisi dari PP tersebut. Selain itu, ternyata status akreditasi RSUD Kebumen tipe C juga sudah kadaluwarsa sejak dua tahun lalu.
    “Ini kan sangat memprihatinkan, akreditasi tipe C-nya sudah mati sejak dua tahun lalu. Tapi, disisi lain ini minta segera dinaikan statusnya menjadi tipe B,” ujarnya menyesalkan. Menurut dia, semestinya RSUD Kebumen mengurus dulu akreditasi yang sudah dua tahun kadaluwarsa, sebelum mengajukan peningkatan status. “Walaupun penetapan status tipe B bisa dilakukan paralel dengan akreditasi, tapi seharunya akreditasi lama jangan sampai mati. Ini kan memalukan,” tegasnya.
    Menurutnya, Pansus bisa saja menolak Raperda tersebut karena memang masih belum memenuhi syarat. Tetapi kalau dipaksakan harus ditetapkan, maka Pemkab Kebumen harus meminta penetapan RSUD tipe B dari Dinas Kesehatan Provinsi. “Berdasarkan konsultasi dengan Kementerian Kesehatan, status tipe B dapat ditetapkanoleh Dinas Kesehatan Provinsi. Setelah ada penetapan status, Pansus baru dapat melanjutkan pembahasan,” ujarnya.
    Perbedaan antara status rumah sakit dengan akreditasi, yakni status rumah sakit lebih berhubungan dengan sarana parasana pelayanan. Sedangkan akreditasi berhubungan dengan jaminan mutu layanan dari rumah sakit. Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Dian Lestari Subekti Pertiwi, enggan mengomentari carut marutnya RSUD Kebumen yang meminta dinaikkan statusnya.
    Politisi asal Petanahan itu meminta persoalan RSUD tidak dibawa ke ranah politik. Sebab rumah sakit merupakan public service pintu masuk utama layanan pemerintah kepada masyarakat, termasuk Puskesmas. “Secara kasat mata, beberapa layanan di RSUD Kebumen memang sudah melayani pelayanan tipe B. Tapi itu perlu dinilai oleh Dinas Kesehatan Provinsi,” kata wanita, yang juga Ketua Pansus 3 ini.
    Dian enggan berandai-andai pihaknya akan menolak atau menerima Raperda usulan Pemkab Kebumen itu. Pihaknya masih akan melakukan kajian lanjutan terhadap sejumlah persoalan yang dihadapi RSUD saat ini. “Kami tidak dalam kapasitas menolak atau menerima. Tapi kami akan mengambil keputusan sesuai dengan aturan yang berlaku,” tandasnya. (ori/din)


    _________________________________________________________________________________________

    DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

    _________________________________________________________________________________________
    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    beritakebumen@gmail.com

    =============================================================
    Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
    | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
    =============================================================
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Raperda RSUD Terancam Ditolak Pansus Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas