• Kabar Terkini

    25 February 2015

    Polres Gencarkan Razia Bahan Akik; Perajin Akik Tetap Normal

    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Meski Polres Kebumen sedang menggencarkan razia terhadap keberadaan batu bahan akik, namun sejumlah pengrajin batu akik di Kebumen mengaku tak risau. Mereka tidak khawatir pendapatannya akan menyusut menyusul berkurangnya batu bahan. Mereka justru cenderung mendukung upaya penertiban yang dilakukan petugas.
    Salah satu pengrajin batu akik yang mendukung penertiban adalah Sudarto. Pengrajin di Pasar Rabuk, Kelurahan/Kecamatan Kebumen itu menilai seharusnya penertiban dilakukan sejak dulu sebelum terjadi kerusakan lokasi penambangan batu bahan akik, khususnya di Bukit Bulu Beras di wilayah Kecamatan Karanggayam, yang dikenal dengan sebutan Bukit Badar Besi.
    Menurutnya, penertiban itu patut dilakukan untuk mengontrol keberadaan batu bahan akik yang kian hari kian langka. “Ini bagus untuk ngontrol, agar batunya ketahuan berapa yang keluar Kebumen dan berapa yang beredar di Kebumen. Masalahnya selama ini tidak ada yang mengontrol ini. Ini kan bahaya,” kata Sudarto, di bengkel batu akik miliknya, Selasa (23/2).
    Selama ini, kata dia, banyak batu Kebumen, khususnya batu badar besi yang kualitasnya cukup baik banyak yang dijual ke luar daerah. Sedangkan untuk bahan yang dijual di Kebumen kualitasnya kurang baik.
    “Jangan sampai nanti anak cucu kita pengin tahu batu badar besi, harusnya nyari di luar daerah karena di Kebumen sudah tidak ada. Inilah pentingnya kontrol dari aparat,” tegasnya.
    Perajin lain, Daryono Cengkim, mengaku setelah adanya razia batu oleh Polres Kebumen, omsetnya tidak terganggu. Termasuk pelanggan yang ingin memoles batu bahan, juga tidak mengalami penurunan. Semuanya masih normal seperti sebelum ada razia.
    “Bagi penambang dan pengepul mungkin sangat terasa. Tapi bagi pengrajin, seperti kami belum ada dampak yang signifikan. Kita malah cenderung normal seperti biasanya,” ujar Daryono.
    Daryono mengungkapkan, penyebab masih normalnya aktifitas di bengkel produksinya karena bukan hanya batu bahan badar besi saja. Tetapi batu bahan lainnya juga masih banyak. “Banyaknya juga pelanggan yang membawa bahan sendiri dari luar daerah,” imbuhnya.
    Sementara itu, salah satu tokoh Karanggayam, Paiman, menyayangkan razia dan penyitaan batu bahan akik yang dilakukan aparat kepolisian. Pasalnya, polisi menyita tidak hanya di lokasi penambangan, tetapi juga batu dari rumah warga.
    Menurut dia, batu yang disita polisi bukan hanya dari hasil penambangan di kawasan hutan negara. Seperti penambangan di Desa Ginandong itu dilakukan di tanah masyarakat dan maupun pengambilan di sungai. Jika di Bukit Buluberas identik dengan batu badar besi, tetapi yang bukan badar besi bukan berasal kawasan hutan.
    Seharusnya, kata dia, ada pemberitahuan dan pembinaan dari pihak terkait, seperti petugas Perhutani untuk menyampaikan lokasi mana yang diperbolehkan ditambang dan yang tidak boleh. Termasuk titik-titik yang dilarang ditambang juga harus dijelaskan. Dampak dari razia ini, kata dia, produksi batu akik pun menjadi berhenti dan penambang merasa ketakutan, karena berhadapan dengan hukum.
    “Sekarang ini para penambang maupun yang mencari batu di sungai juga mengalami trauma,” ujar Paiman.
    Sebelumnya, Satuan Reserse dan Kriminial (Satreskrim) Polres Kebumen menyita sekitar satu ton batuan bahan akik, Sabtu (21/2) akhir pekan lalu. Bongkahan berbagai macam jenis batuan yang disita polisi itu, diduga hasil penambangan liar di kawasan hutan negara.
    Batuan itu disita polisi dari sejumlah warga di Kecamatan Karanggayam. Hingga kemarin batuan yang bernilai ekonomi tinggi itu masih diamankan di Mapolres Kebumen. Dari pengamatan Suara Merdeka, batuan yang diamankan bervariasi mulai jenis batu ginggang, corak, badar besi, nagasui, hingga pancawarna. Selain batu yang masih berupa bongkahan, ada beberapa batu yang sudah dipoles menjadi batu biseki, juga ikut diamankan.(ori/ttg/radarbanyumas)


    _________________________________________________________________________________________

    DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

    _________________________________________________________________________________________
    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    beritakebumen@gmail.com

    =============================================================
    Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
    | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
    =============================================================
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Polres Gencarkan Razia Bahan Akik; Perajin Akik Tetap Normal Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas