Kilas Berita:

Permukiman Diterjang Erosi

BULUSPESANTREN (www.beritakebumen.info) - Erosi Sungai Luk Ulo mulai menggerus permukiman warga Desa Rantewringin, Kecamatan Buluspesantren, Kebumen.

Satu bangunan ambruk dan sejumlah rumah rusak akibat erosi sungai yang semakin parah itu. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi pada, Kamis (5/2) pukul 02.00 dini hari tersebut. Tetapi kerugian material mencapai puluhan juta rupiah.

Merujuk data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen, tanah longsor akibat erosi tersebut terjadi di dua lokasi dan mengancam perumahan penduduk. Bangunan yang rusak meliputi selepan milik Kamyati dengan kondisi ambruk total dengan kerugian mencapai Rp 70 juta.

Dinding rumah milik Sahlan retak-retak dengan kerugian Rp 5,5 juta. Kemudian, pondasi rumah belakang Rahmad Utomo yang dihuni oleh empat anggota keluarga, sudah menggantung. Begitu juga rumah milik Sarno, Bariyo, Marjoko juga terancam longsor. Warga juga was-was karena tidak menutup kemungkinan saat turun hujan, erosi akan semakin parah.

Tanah Bergerak

Kepala Seksi Kedaruratan pada BPBD Kebumen, Arif Rahmadi mengatakan, tanah longsor di tebing Daerah Aliran Sungai Luk Ulo itu terjadi setelah hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut mulai pukul 18.00. Pihaknya telah melakukan pendataan dan pengecekan lapangan.

“Kami juga memberikan memberi bantuan logistik kepada korban dan untuk kegiatan kerja bakti,” ujarnya. Sementara itu, tujuh rumah di Dusun Penusupan, Desa Selogiri, Kecamatan Karanggayam juga rusak akibat tanah bergerak. Kondisi terparah adalah rumah milik Sulyadi, lantai dan tembok hancur dan sudah tidak bisa digempati lagi.

Kemudian rumah milik enam warga lainnya yakni Muheri, Carsim, Sakun, Sodikin, Sunardi, dan Reben rata-rata tembok dan lantai rumah retak. Kerugian material ditotal mencapai Rp 320 juta. “Karena rumah sudah sangat berbahaya untuk ditempati, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan warga mengungsi di rumah saudara,” ujar Kepala Desa Selogiri, Sukiman. (J19-78/SuaraMerdeka)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!