• Kabar Terkini

    27 February 2015

    Penataan Pedagang Pasar Amburadul

    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Penataan pedagang dan pengelolaan Pasar Sruni Desa Bojongsari, Kecamatan Alian, Kebumen amburadul. Pedagang lama yang memiliki sertifikat justru banyak yang tersingkir dan diganti pedagang baru di kios maupun los pasar yang dibangun dengan dana Rp 7,6 miliar tersebut.

    “Kami sedih dengan penataan pedagang yang seperti ini (amburadul- Red),” kata salah satu pedagang Pasar Sruni, Abdul Aziz (50), saat hendak mengambil kunci di Pasar Sruni, Kamis (26/2).

    Aziz yang memiliki sertifikat dan telah didata petugas sebelum pembangunan Pasar Sruni itu, belakangan mengetahui namanya tidak ada dalam daftar pengambilan kunci kios.

    Selain Aziz, pedagang lama yang bernasib sama, antara lain Teguh (38), Siti Fahrijah (37), Samiyah (60), Kodriyah (50), Trimo (45), dan Sarman (51). Irfan (60), warga Desa Bojongsari yang sebagian tanahnya digunakan untuk Pasar Sruni pun sempat dijanjikan akan mendapat kios.

    Namun belakangan, dia tidak terdata. Padahal setelah mengutamakan pedagang lama, penataan pedagang itu harus memprioritaskan warga setempat. “Tapi ternyata aku ora ulih jatah (tidak mendapat jatah-Red),” kesal Irfan. Kondisi tersebut terdengar hingga kalangan Dewan dan langsung ditindaklanjuti dengan pengecekan langsung ke Pasar Sruni, kemarin.

    Pengecekan itu dipimpin Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Kebumen Halimah Nur Hayati didampingi Sekretaris Marifun. Selain itu tampak anggota DPRD dari Komisi B Mukhsinun. Para pedagang lantas mengadukan langsung kepada wakil rakyat tersebut. Mereka mengungkapkan, tersingkirnya pedagang lama itu, ada indikasi kurang sehat untuk penawaran kios atau los kepada pedagang baru.

    Hal itu dibuktikan dari beberapa warga yang ditawari untuk membeli kios yang menghadap ke dalam pasar seharga Rp 50 juta. Hingga kemudian terjadi kesepakatan harga Rp 40 juta. Adapun kios yang menghadap ke jalan utama ditawarkan hingga Rp 100 juta dan terjadi kesepakatan harga Rp 80 juta.

    Lebih Strategis

    Lokasi kios yang ditawarkan itu pun dipilih yang lebih strategis. Sehingga bagi pedagang lama yang masih mendapatkan jatah kios harus digeser ke lokasi lain. “Ini memang lebih menguntungkan bagi pihak tertentu, karena jika diserahkan kepada pedagang lama, hanya menerima Rp 1,5 juta untuk pengambilan kunci kios yang menghadap jalan utama.

    Kemudian, Rp 1 juta untuk pengambilan kunci kios yang menghadap utara,” ungkap Aziz yang sejak awal mengeluhkan adanya tarikan tersebut. Kios yang menghadap ke jalan utama sebanyak 19 kios, yang sebelum Pasar Sruni dibangun hanya 18 kios, sehingga kios yang mengecil itu tersisa 1 kios. Untuk kios yang menghadap ke utara yang sebelumnya sebanyak 23 kios menjadi 24 kios.

    Sehingga total penarikan untuk pengambilan kunci kios sebesar Rp 52,5 juta. “Itu itung-itungan minim, mengingat kios yang sedianya untuk pedagang lama juga ditawarkan kepada pedagang baru,” imbuhnya. Untuk bangunan tambahan, yakni kios yang menghadap ke dalam pasar (belakang kios yang menghadap jalan utama) sebanyak 20 kios. Tempat berjualan yang sebagian sudah laku Rp 40 juta per kios itu dengan total Rp 800 juta.

    Untuk kios yang menghadap ke dalam pasar (belakang kios yang menghadap ke utara), sebanyak 28 kios, yang sebagian sudah laku Rp 30 juta per kios, sehingga totalnya Rp 840 juta. Bagi yang belum memiliki los yang tersedia sekitar 150 unit ditarik Rp 3 juta per losnya, sedangkan pedagang lama ditarik untuk pembuatan partisi Rp 1,25 juta per los dari 200 los yang disediakan.

    Masih ditambah pengambilan kunci Rp 100.000 per pedagang, sehingga total dana dari hasil penataan pedagang Pasar Sruni itu Rp 2,2 miliar. Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Kebumen Halimah Nur Hayati mengaku akan menindaklanjuti keluhan pedagang Pasar Sruni tersebut dengan menggelar rapat gabungan. “Senin mendatang Insya Allah kami agendakan untuk mengundang pihak terkait,” kata politisi dari Partai Golkar ini. (K5-32/SuaraMerdeka)



    _________________________________________________________________________________________

    DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

    _________________________________________________________________________________________
    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    beritakebumen@gmail.com

    =============================================================
    Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
    | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
    =============================================================
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Penataan Pedagang Pasar Amburadul Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas