Kilas Berita:

Pelecehan Seksual Pada Anak Di Kebumen Tinggi

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Kasus kekerasan kepada anak di Kabupaten Kebumen cukup tinggi. Dari tahun ketahun, kasus pelecehan seksual pada anak menempati urutan angka tertinggi dari kasus-kasus kekerasan anak lainya. Kondisi itu jelas sangat memprihatinkan.

Berdasarkan data kasus yang ditangani oleh Badan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana(BPPKB) Kabupaten Kebumen selama bulan januari tahun 2015 ini saja, tercatat ada 43 kasus kekerasan terhadap anak dibawah umur yang terjadi di Kebumen. Dari 43 kasus yang ditangani, 30 diantaranya merupakan kasus pelecehan seksual. Sedangkan 13 kasus sisanya merupakan kasus kekerasan fisik, psikis dan penelantaran anak serta anak yang berhadapan dengan kasus hukum.

“Dari kebanyakan kasus pelecehan seksual yang terjadi, korbanya rata-rata adalah anak perempuan. Sedangkan sebagian besar kasusnya pelecehan yang terjadi, merupakan kasus pemerkosaan,” kata Kepala Bidang Perlindungan anak pada BPPKB Kabupaten Kebumen, Drs Susilo kepada ekspres,Senin(2/2).

Lanjut dia, meski baru sebulan, jumlah kasus kekerasan pada anak di tahun 2015 ini sama dengan separuh jumlah kasus kekerasan yang terjadi selama setahun pada tahun 2014 kemarin. Dimana selama tahun 2014 kemarin, kasus kekerasan yang ditangani oleh BPPKB Kebumen ada sebanyak 84 kasus. Dari 84 kasus tersebut, 44 kasus diantaranya merupakan kasus kekerasan pelecehan seksual. Sedangkan 40 kasus sisanya merupakan kasus kekerasan fisik, psikis, penelantaran anak dan anak yang bersangkutan dengan hukum.

Terkait dengan tingginya kasus pelecehan maupun kekerasan pada anak yang terjadi di Kebumen, hingga sampai saat ini Susilo juga mengaku belum mengetahui alasannya. Bahkan pihaknya saat ini masih berusaha melakukan penelitian. Meski demikian, kata dia, semakin meningkatnya jumlah kasus kekerasan pada anak yang muncul di Kebumen, salah satunya dampak dari semakin banyaknya masyarakat yang mulai berani melaporkan kasus-kasus itu kepada pemerintah maupun kepolisian.

“Banyaknya kasus-kasus pelecehan pada anak yang terjadi, salah satunya dipicu oleh kurangnya perhatian orang tua terhadap anak. Karena terkadang ada orang tua yang hanya menfasilitasi berbagai kebutuhan anak, namun kurang memantaunya. Oleh sebab itu saya berharap agar para orang tua benar-benar memberikan perhatian penuh pada anaknya, itu demi masa depan anak-anak mereka sendiri,” pungkas Susilo.(ben/radarbanyumas)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!