Kilas Berita:

PDIP Terancam Jadi Penonton

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terancam hanya menjadi penonton dalam pelaksanaan Pilbup 2015.

Pasalnya, meski PDIP sudah menjaring tujuh kandidat bupati lewat pendaftaran yang dibuka pada 10-20 Januari silam, partai berlambang banteng dalam lingkaran tersebut belum bisa mengusung calon sendiri, karena baru memiliki sembilan kursi Dewan.

Padahal syarat untuk bisa mengusung calon sendiri minimal memiliki sepuluh kursi legislatif. Sedangkan peluang PDIP untuk berkoalisi semakin sempit, mengingat partai politik lain yang memiliki kursi Dewan telah bergabung dalam Koalisi Kebersamaan Membangun (KKM) dan Koalisi Kebumen Beriman (KKB).

KKM terdiri atas Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan PKS. Adapun KKB terdiri atas PAN, PKB, Nasdem, Hanura, dan PPP. Satu lagi Partai Golkar memilih untuk tidak larut dalam konstelasi politik yang berkembang saat ini. Terlebih dalam persaingan para kandidat bupati yang sudah mendaftar di PDIP.

Sikap yang dilontarkan sejumlah kader Partai Golkar dengan alasan butuh pertimbangan masak untuk menentukan arah koalisi maupun dukung mendukung terhadap kandidat yang akan maju Pilbup tahun ini. Kendati demikian, salah satu kader Partai Golkar, Sujud meminta agar partai berlambang pohon beringin itu tetap menjalin komunikasi dengan semua pihak. Termasuk dengan para kandidat yang sudah muncul.

Partai Pendukung

Menurut dia, perkembangan politik di Kebumen saat ini harus disikapi dengan arif. “Ini mengingat, perkembangan politik bisa berubah-ubah setiap saat,” kata Sujud. Sementara itu, satu-satunya kandidat bupati dari kader PDIP, Probo Indartono menjelaskan, komunikasi merupakan kebutuhan utama bagi pihak yang berkepentingan dalam pelaksanaan Pilbup.

Karena itu, pihaknya pun menjalin komunikasi secara intens, baik dengan Partai Golkar maupun partai politik yang bergabung dalam KKM dan KKB. “Dan selama masih ada kader yang siap maju Pilbup, maka tidak ada kata seperti itu (PDIP terancam hanya jadi penonton-Red),” tandas mantan ketua DPRD Kabupaten Kebumen asal Desa/Kecamatan Buluspesantren yang terpilih sebagai anggota legislatif selama empat periode itu.

Terpisah, politikus PAN Kurniawan mengemukakan, tidak perlu memungkiri kalau PDIP terancam hanya menjadi penonton dalam pelaksanaan Pilbup 2015. Terlebih, jadwal pendaftaran calon bupati di KPU semakin dekat dan partai politik yang bergabung dalam KKM dan KKB segera memiliki kandidat.

PDIP yang baru belakangan mengeluarkan rekomendasi calon bupati diperkirakan kesulitan mencari tambahan kursi untuk memenuhi persyaratan mengusung kandidat sendiri. “Kemungkinan lain, (PDIPRed) hanya menjadi partai pendukung saja,” tandas politisi asal Desa Miritpetikusan, Kecamatan Mirit, Kebumen itu. (K5-32/SuaraMerdeka)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!