• Kabar Terkini

    12 February 2015

    Pasar Rabuk Endemis DB

    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Kampung Pasar Rabuk, Kelurahan/kecamatan Kebumen, diketahui sebagai lokasi endemis penyebaran nyamuk demam berdarah (DB). Untuk itu, warga di wilayah itu melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Bahkan, gerakan PSN yang dilakukan Rabu (11/2) kemarin, melibatkan siswa SD yang ada di wilayah tersebut.

    Turut terlibat pada gerakan PSN kemarin, petugas dari Dinas Kesehatan Kebumen, Forum Kesehatan Kelurahan (FKK) Kebumen, petugas Juru Pemantau Jentik (Jumantik), siswa SD, dan TNI.

    Kasi Pelayanan Umum dan Kesejahteraan Sosial Kelurahan Kebumen, Bibit Agus Nugroho, mengatakan gerakan PSN dilakukan di tujuh RT yang berada di wilayah RW 05. Penyebab difokuskan di wilayah itu, karena sudah ada empat warga korban keganasan nyamuk aedes aegypti dan sudah divonis positif Demam Berdarah (DB). Bahkan satu penderita masih dirawat di rumah sakit.

    “Peran aktif masyarakat dalam memberantas jentik nyamuk DBD menjadi bagian terpenting dalam mengantisipasi dampak gigitan nyamuk tersebut,” kata Bibit di lokasi PSN.

    Terkait dengan dilibatkannya siswa SD dilibatkan pada kegiatan itu, kata Bibit, sekolah menjadi salah satu sasaran penyuluhan gerakan serentak pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah dengan melibatkan semua komponen.

    Menurutnya, rasa kepedulian memang harus dipupuk sejak dini. Kesadaran itulah yang melatarbelakangi dikerahkannya siswa SD ke sejumlah rumah warga, kemarin. Para siswa itu diminta meneliti kondisi kamar mandi, dan tempat-tempat air, layaknya seorang juru pemantau jentik.

    ”DB telah menyebabkan banyak warga jadi korban. Kami ingin anak-anak peduli terhadap lingkungannya, membantu warga, dan mencegah meluasnya wabah,” paparnya.

    Para pelajar bergerak di sekitar lingkungan sekolah dan warga. Mereka mencari titik-titik yang diduga menjadi sumber berkembang biaknya jentik nyamuk. Anak-anak SD di lingkungan Pasar Rabuk begitu semangat melakukan PSN menyasar penampungan air di rumah warga.Para siswa ini mengaku senang bisa berpartisipasi aktif untuk menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah penyakit demam berdarah (DB).

    Pada kesempatan itu juga dimanfaatkan oleh siswa untuk belajar mengetahui jentik nyamuk yang bisa menimbulkan DB termasuk cara pencegahannya. Seorang siswa SDN 7 Kebumen mengaku senang meski jam belajarnya dikorbankan untuk melakukan PSN. Apalagi, sekitar lingkungan sekolahnya termasuk kumuh dan kerap menjadi sarang nyamuk. “Senang kami jadi tahu jentik nyamuk dan cara memberantasnya,” katanya.(ori/Radarbnayumas)


    _________________________________________________________________________________________

    DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

    _________________________________________________________________________________________
    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    beritakebumen@gmail.com

    =============================================================
    Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
    | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
    =============================================================
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Pasar Rabuk Endemis DB Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas