Kilas Berita:

Parpol Di Kebumen Bentuk 2 Kubu Koalisi

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Mendekati pelaksanaan Pilkada 2015 besok, sejumlah Partai Politik yang ada di Kabupaten Kebumen sudah mulai menunjukan kesriusanya dalam melakukan persiapan diri meramaikan pesta demokrasi pemilihan Bupati Kebumen tersebut. Hal itu ditunjukan dengan sudah mulai terbentuknya koalisi antar Parpol untuk mengusung kandidat Bupati Kebumen. Dari 10 jumlah Parpol yang ada di Kebumen, 8 Parpol diantaranya sudah membangun atau membentuk koalisi menjadi dua kubu. Dua kubu koalisi itu yakni Koalisi Kebersamaan Membangun (KKM) dan Koalisi Kebumen Beriman (KKB). Untuk koalisi dari KKM sendiri terdiri dari Partai Demokrat,Gerindra dan PKS. Sedangkan koalisi dari KKB terdiri atas PPP, Hanura, Nasdem, PKB, dan PAN. Sementara untuk Partai Golkar dan PDI Perjuangan, sampai kemarin dua partaiitu masih belum menentukan keputusan akan bergabung dengan koalisi mana ataupun membentuk koalisi sendiri.
Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kebumen Joko Budi Sulistyanto membenarkan sudah adanya dua kubu koalisi dari 8 Parpol yang ada di Kebumen. Dikatakanya, pembentukan Parpol kemarin, baik yang tergabung dalam KKM maupun KKB bukan berdasarkan paksaan. Akan tetapi terbentuknya dua koalisi itu berdasarkan kesamaan visi dan misi serta julah kursi di DPRD masing-masing Parpol. Misalnya saja, meski didalam Fraksi DPRD PPP menjadi satu dengan Demokrat. Namun kenyataanya pada koalisi persiapan Pilkada besok, PPP justru berbeda pilihan dengan Demokrat, yakni lebih memilih bergabung dengan koalisi KKB. Begitu pula yang terjadi pada PKS yang berada satu fraksi bersama Hanura di DPRD.
“Baik koalisi KKM maupun KKB, jumlah kursi di DPRD dari masing-masing Parpol yang tergabung juga sama. Sehingga didalam koalisi itu tidak ada Parpol yang dianggap menguasai koalisi,” tutur Joko yang juga diberarkan oleh Wakil Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Kebumen, Sakur Jaelani kemarin.
Sementara itu, Bendahara DPD Partai Golkar Kabupaten Kebumen, Dra Halimah Nur Hayati juga membenarkan jika sampai saat ini partainya belum memutuskan, apakah akan ikut bergabung dengan koalisi KKM, KKB ataukah membuat koalisi sendiri dengan partai lain yang masih tersisa.
“Sampai saat ini kita dari Partai Golkar masih menunggu dan mencermati perkembangan Politik yang ada di Kebumen. Meskidemikian, hingga kini kita masih berusaha berkomunikasi dengan partai-partai lain,” tutur kader perempuan partai berlambang pohon beringin tersebut yang juga ketua komisi C DPRD Kebumen.
Dengan sudah terbentuknya dua koalisi Parpol di Kebumen tersebut, tentunya semakin mengancam posisi PDI Perjuangan. Pasalnya, dari dua koalisi yang sudah terbentuk, masing-masing koalisi sudah memenuhi persyaratan untuk mengusung Kandidat Bupati Kebumen, yakni 10 kursi legislatif. Sedangkan PDI Perjuangan, masih kekurangan 1 kursi agar bisa memenuhi persyratan untuk mengusung kandidat Bupati. Mengungat, sesuai dengan peraturan KPU, untuk dapat mengusung kandidat Bupati, Parpol harus mempunyai minimal 10 kursi di DPRD.
“Sekarang ini tinggal Partai Golkar yang masih netral, jika nantinya Golkar bergabung dengan koalisi dari KKM ataupun KKB, maka PDI Perjuangan terancam tidak akan bisa mengusung kandidat Bupati,” papar Wahyu Gunawan, kader dari Partai Gerindra asal Kecamatan Kebumen.
Terpisah, kader PDI Perjuangan yang juga anggota DPRD Kebumen, Probo Indartono mengaku tidak khawatir dengan sudah adanya 2 koalisi yang terbentuk di Kebumen. Ditambah lagi dengan isu terancamnya PDI Perjuangan tidak bisa ikut mengusung kandidat Bupati pada Pilkada 2015. Dia mengaku, sampai saat ini pihaknya maupun para pengurus PDI Perjuangan lainya juga masih terus berkomunikasi baik dengan sejumlah Parpol.
“Sampai saat ini pelaksanaan Pilkada kan masih jauh, jadi keputusan koalisi masing-masing Parpol masih ada kemungkinan berubah. Sehingga kita dari PDI Perjuangan masih tetap optimis bisa mengusung kandidat Bupati,” jelas pria yang juga ikut serta mendaftarkan diri pada bursa penjaringan bakal calon kandidat Bupati Kebumen melalui PDI Perjuangan akhir Januari kemarin.(ben/ttg/radarbanyumas)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!