Kilas Berita:

Pabrik Genting Sokka Longsor

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pabrik genting Sokka di dekat Jembatan Luk Ulo Desa Muktisari, Kecamatan/ Kabupaten Kebumen terkena longsor. Kondisi fondasi bangunan yang digunakan untuk menyetak genting merek SK Sokka itu, bahkan sudah menggantung.

Aktivitas pekerja di tempat kerajinan milik Sukur (60), warga Desa Kedungwinangun Kecamatan Klirong itu, kini dipindah ke sebelah barat. Longsor susulan di tempat itu masih mengancam. Terlebih hujan masih mengguyur di kabupaten berlogan Beriman ini. “Sudah ada petugas yang datang mengecek lokasi longsor di sini. Namun sampai sekarang belum ada tindaklanjutnya,” kata Sunarno (46), warga Desa Kedungwinangun.

Dia khawatir, longsor yang terjadi akhir pekan lalu itu, merembet hingga mengenai jembatan yang melintasi Sungai Luk Ulo tersebut. Karena itu, pihak terkait diminta segera mengamankan tebing sungai yang terus terkikis itu. Menurut Sunarno, penanganan yang tepat dengan bronjongisasi. “Jembatan Luk Ulo ini sudah banyak yang ditambal karena retak-retak. Jangan sampai bertambah rusak, karena terkena longsor,” tambahnya.

Bertambah Rusak

Untuk diketahui, kerusakan jembatan Luk Ulo itu, akibat dilintasi angkutan berat saat pengalihan arus, menyusul jembatan Comal di Pantura Rusak. Kini terancam terkena longsor menyusul ambrolnya tanah di dekat jembatan itu.

Bahkan longsoran tanah itu mengenai tempat kerajinan genting Sokka milik Sukur. Kondisi tebing Sungai Luk Ulo yang membatasi Desa Muktisari dan Desa Kedungwinangun itu, memang mengkhawatirkan. Terlebih setiap saat ditambang untuk bahan batu bata atau genting. Kondisi yang membahayakan justru di sekitar jembatan Sungai Luk Ulo itu.

Pasalnya, selain diambil tanahnya juga diambil pasirnya. Truk-truk juga bersliweran mengangkut hasil penambangan di tempat tersebut. Mantan Kepala Desa Muktisari Khamid mengungkapkan, adanya aktivitas penambangan sekitar Sungai Luk Ulo mengakibatkan kerusakan lingkungan serta fasilitas umum, seperti jembatan dan jalan.

Bahkan menimbulkan percekcokan antara warga dengan penambang. Seperti yang terjadi di Desa Muktisari belum lama ini yang kemudian disikapi Satpol PP dengan menutup aktivitas penambangan di wilayah setempat. ‘’Kami berharap penambangan di tempat lain dari mulai hulu ke hilir juga ditutup agar kondisi lingkungan di sekitar Sungai Luk Ulo tidak bertambah rusak,” pintanya. (K5-32/SuaraMerdeka)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!