Kilas Berita:

Lomba Burung Berkicau Diikuti Ratusan Peserta

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pelaksanaan lomba burung berkicau ”Bupati Cup II” yang digelar di Alun-alun Kebumen berlangsung semarak, baru-baru ini.

Berlangsung sejak pagi hingga siang, event yang digelar untuk kali kedua itu, diikuti sekitar 300 peserta dari berbagai kota di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Sebanyak 24 kelas dilombakan dalam ajang itu.

Antara lain Branjangan, Pleci, Anis Merah, Ciblek, Murai Batu, Cucak Ijo, Kacer, Love Brid, Tledekan, dan Kenari. Menariknya, di setiap kelas, nama burung ditambahi dengan nama objek wisata di Kebumen, seperti Pleci Pantai Logending, Anis Merah Pantai Suwuk, hingga Ciblek Jembangan.

”Hal itu tidak lain, untuk mengenalkan ikon dan objek wisata kepada para peserta lomba burung kicau,” ujar salah satu panitia Yitno. Dia menambahkan, kriteria penilaian sesuai dengan kelas atau jenis burung. Tetapi rata-rata yang dinilai durasi kicauan, lagu dan tipe kicauan yang bervariasi dan ketenangan. ”Misalnya, burung suka berkicau, tetapi usil memiliki nilai rendah,” ujarnya.

Berlangsung Ramai

Lomba berlangsung ramai. Saking ramainya, suara kicauan burung yang dilombakan sampai tak terdengar jelas oleh penonton. Bagaimana tidak, sebagian besar pemilik burung peserta lomba berteriak maupun bersiul untuk mengambil perhatian para juri agar melihat burung miliknya. Dalam setiap gantang, burung- burung peserta lomba hanya diberi waktu 15 menit.

Takut kehilangan momentum, terutama saat burung kesayangannya sedang ngoceh namun luput dari perhatian juri, biasanya sang empunya akan berteriak keras-keras. Bahkan saat juri tak juga melihat burung, tak jarang pemilik tampak emosional. (J19-32)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!