Kilas Berita:

Ki Edi Warseno; Dalang, Perajin Wayang

PEJAGOAN (www.beritakebumen.info) - Edi Sumartono (50) perajin wayang kulit yang juga dalang. Keahliannya diperoleh dari ketekunan. Semua otodidak.

"Awalnya suka dengan wayang. Kemudian mencoba membuat sendiri. Ndalang juga begitu, tidak ada yang mengajari," terang Edi Sumartono yang tinggal di Dukuh Krajan, Desa Kewayuhan, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen.

Pertama membuat wayang ketika masih duduk di kelas 5 SD. Keahliannya terasah seiring perjalanan waktu. Di panggung wayang, dalang Edi dikenal dengan sebutan Ki Edi Warseno.

Hanya saja, tidak setiap bulan ada tanggapan wayang. Karena itu, profesi sebagai perajin wayang lebih banyak menyita waktu. Setiap hari, ia bergelut dengan kulit sapi untuk dibuat wayang.

Untuk menghasilkan satu tokoh wayang berukuran kecil seperti Janoko atau Kresno, Edi membutuhkan waktu satu minggu. Untuk wayang berbadan besar atau gunungan, butuh waktu lebih lama, yakni 10 hari hingga 15 hari. "Lama karena semua tahapan pembuatan wayang, saya dikerjakan sendiri," ujar Edi.

Pekerjaan paling rumit dan butuh ketelitian adalah 'nyungging' atau mewarnai. Pasalnya, pewarnaan yang bagus akan memperkuat karakter wayang.

Wayang buatannya banyak dipesan para dalang. Tidak sedikit pula masyarakat umum yang tertarik untuk dikoleksi. Tidak hanya dari Kebumen, tetapi pesanan juga mengalir dari Sumatera dan Kalimantan.

Wayang berukuran besar, dijual Rp 500.000 hingga Rp 700.000. Untuk yang lebih kecil, dilepas mulai harga Rp 250.000. Selain wayang kulit, Edi juga memenuhi permintaan wayang dari karton yang harganya lebih murah. (Suk)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!