Kilas Berita:

Kerugian Akibat Narkoba Mencapai Rp 41,2 T

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Perkembangan penyalahgunaan narkoba telah mencapai tingkat yang sangat mengkhawatirkan. Jenisnya pun telah telah mengalami perubahan dan berbeda dari satu kawasan ke kawasan lainnya. Hal itu ditegaskan Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kebumen, Djuwarni, pada acara sosialisasi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) untuk pelajar SMA/SMK dan MA di Gedung Juang 45, Selasa (24/2).

Menurut Djuwarni, penyalahgunaan narkoba terus mengalami peningkatan baik jumlah maupun kualitasnya. Kejahatan narkoba merupakan kejahatan yang bersifat lintas negara, kejahatan terorganisir dan kejahatan serius yang menimpa bangsa, negara dan masyarakat. Dampak dari kejahatan narkoba, kata dia, menimbulkan kerugian yang sangat besar dan mencakup semua aspek. “Aspek kesehatan, sosial ekonomi, keamanan dan kependudukan. Yaitu hilangnya suatu generasi bangsa di masa depan,” kata Djuwarni.

Djuwarni menyebut, kerugian yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan narkoba diperkirakan mencapai Rp 41,2 triliun. Kerugian tersebut timbul baik biaya privat, seperti untuk pengobatan maupun membeli narkoba, maupun biaya sosial. Dia mencontohkan, seorang pecandu narkoba harus membeli narkoba setiap hari Rp 100.000, berapa uang yang harus disediakan untuk membeli barang haram itiu setiap minggunya, atau untuk setiap bulannya.

Selain itu, penggunaan narkoba akan mempengaruhi kesehatan seseorang, antara lain gangguan emosi, gangguan syaraf, hingga depresi. Penggunaan narkoba juga dapat memicu adanya tindakan kejahatan, pemerkosaan, pembunuhan, pencurian, perampokan. Serta juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas yang dapat membawa korban jiwa.

Hasil penelitian Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia (Puslitkes UI) pada 2011 menunjukan angka prevalensi penyalahgunaan narkoba sebesar 2,2 persen dari jumlah penduduk. Atau setara 4,2 juta orang dan pada 2015 diperkirakan akan mencapai angkai 2,8 persen atau setara dengan 5,1-5,6 juta orang. Untuk di Jawa Tengah penyalahgunaan narkoba diprediksi mencapai 453.155 kasus dari total penduduk 32,38 juta jiwa. Dari jumlah kasus tersebut 1.002 pecandu menjalani rehabilitasi di 46 panti rehabilitasi sosial yang ada di Jawa Tengah.

“Kondisi ini menunjukkan pecandu narkoba yang belum tertangani dan masih mengkonsumsi yang menjadi pasar potensial bagi pengedar,” ujarnya.

Mirisnya lagi, dari total pengguna narkoba 22 persennya adalah kelompok pelajar dan mahasiswa. Kelompok ini sangat rentan terhadap penyalahgunaan narkoba. Penyebabnya, antara lain lemahnya pengawasan orangtua serta labilnya psikologi remaja, membuat mereka terjerumus menggunakan narkotika. Selain itu, juga disebabkan belum pahamnya mereka akan bahayanya penyalahgunaan narkoba.

Menurutnya, peredaran gelap narkoba, semakin marak dan menyerang generasi muda, utamanya pelajar. Sebagai antisipasi sejak dini agar para pelajar mengetahui apa itu narkoba serta dampak penyalah gunaannya. Sekaligus wujud elaborasi terhadap kondisi terkini dimana kasus penyalahgunaan narkoba semakin marak.

“Sosialisasi ini untuk membentuk sikap pelajar menolak terhadap narkoba. Mereka supaya mengetahui bahayanya penyalahgunaan narkoba. Dengan harapan nantinya bisa menjadi kader anti narkoba di lingkungannya. Oleh sebab itu kami maka perlu penerangan tentang bahaya narkoba kepada pelajar sebagai upaya pencegahannya,” tandasnya.

Hadir pada sosialiasasi itu, Wakil Ketua DPRD Bagus Setiyawan, Asisten Sekda Tri Haryono, Kabag Kesra Siti Nuriatun Fauziyah, serta sejumlah pejabat lainnya.(ori/radarbanyumas)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!