Kilas Berita:

Kebumen Jadi Sumber Bibit Sapi PO

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Setelah melalui berbagai tahapan, Kabupaten Kebumen akhirnya ditetapkan sebagai perwilayahan sumber bibit sapi peranakan ongole (PO) di Indonesia. Surat keputusan terkait penetapan itu telah ditandatangani Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman.

Informasi itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kebumen Ir Puji Rahaju, kemarin. Dia menjelaskan, setelah mendapatkan ketetapan dari Kementerian Pertanian, sapi PO Kebumen akan menjadi bibit sapi yang akan disebarkan ke seluruh Indonesia.

“Kami mesti bangga, karena Kebumen memiliki sumberdaya genetik sapi yang sangat potensial,” ujarnya. Dia menambahkan, pengajuan penetapan itu sebenarnya dilakukan tahun lalu. Tetapi kegiatan perbibitan sudah tahun 2010 dimulai dengan uji performance.

Kemudian tahun 2012 ditindaklajuti dengan pengembangan kelompok perbibitan, mulai dari tiga kelompok, meningkat di tahun 2013 menjadi enam kelompok dan saat ini menjadi 29 kelompok. Adapun untuk melestarikan sapi PO Kebumen, pihaknya akan terus mengikuti perkembangan kegiatan di 29 kelompok yang tersebar di enam kecamatan itu.

Kelompok itu akan ditingkatkan dalam rangka penjaringan ternak-ternak yang baik, untuk bisa diamankan di Kebumen. “Nanti jika ada yang lebih baik lagi untuk diambil semen bekunya,” katanya. Sebagai upaya pengendalian keberlangsungan pedet atau calon pejantan (induk) supaya tidak banyak yang keluar daerah, Pemkab Kebumen telah menganggarkan Rp 500 juta sebagai pengamanan sapi PO untuk dibeli pemerintah daerah.

Hal itu guna mencegah pedet lepas sapih terpilih dijual keluar daerah. Hal itu dapat mengancam keberlanjutan perbibitan, karena tidak tersedianya calon pengganti pejantan (induk) yang berkualitas. “Karena sapi yang ada merupakan sapi masyarakat, sehingga kami tidak bisa mencegah mereka pada saat butuh. Jadi kami sediakan dana talangan Rp 500 juta melalui asosiasi,” imbuhnya.

Juara Kontes

Puji Rahaju menyampaikan, kualitas genetik sapi Kebumen telah banyak diakui. Ini terbukti pada waktu kontes sapi potong tingkat Jateng DIY, dari 12 nominasi, sapi Kebumen menyabet tujuh kejuaraan. Antara lain juara I dan II untuk kategori sapi pejantan.

Ternyata sapi-sapi peserta kontes yang menjadi juara sebagian besar berasal dari keturunan yang sama, yakni keturunan suryolaras, buul di Balai Inseminasi Buatan (BIB) Ungaran yang berasal dari Kebumen.

“Bahkan sapi pemenang dari Bantul dan Sleman sebenarnya sapinya berasal dari Kebumen yang diambil saat masih kecil atau pedet,” ujar Puji Rahaju menyebutkan saat Pekan Nasional tahun 2014 sumberdaya genetik hewan, Kebumen menjadi juara tingkat Jawa Tengah terkait pelestarian sapi PO Kebumen.

Selain itu, sapi Kebumen juga masuk uji performance ke BIB Lembang dan BIB Sidomulyo Ungaran. Tahun 2014 dilepas menteri pertanian sebanyak 15 bibit sapi PO Kebumen sebanyak 10 ekor sapi jantan dan lima betina sebagai sumber semen beku. (J19-32/SuaraMerdeka)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!