Kilas Berita:

Karangsambung Bakal Jadi Wisata Geopark

KARANGSAMBUNG (www.beritakebumen.info) - Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Iskandar Zulkarnain mengajak Pemkab Kebumen untuk bersama-sama memanfaatkan potensi wilayah Karangsambung sebagai situs geologi dasar laut purba.

“Kita bersama-sama menata infrastruktur, keamanan dan kelestarian batuan alam purba di Karangsambung sebagai destinasi edukasi wisata yang bernilai sejarah tinggi,” ujar Iskandar Zulkarnain, saat bertemu Bupati Buyar Winarso di Rumah Dinas Bupati.

Iskandar menerangkan di Karangsambung terdapat sekitar 50 jenis batuan berusia 50 sampai lebih dari 100 juta tahun. Karangsambung menjadi bukti evolusi lempeng tektonik sejak lebih dari 120 juta tahun dan diyakini sebagai lantai samudera purba yang kini muncul di permukaan tanah.

Iskandar menjelaskan, kawasan Karangsambung merupakan wilayah yang tidak asing lagi bagi para ahli kebumian, khususnya geologi. Dilihat dari kondisinya, Karangsambung adalah suatu kawasan yang menarik dengan berbagai batuan yang unik dan langka. Bahkan, kawasan ini telah ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Alam Geologi Nasional pada tanggal 10 November 2006 silam oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. Sayangnya, masyarakat sekitar masih banyak yang belum memahami hal tersebut.
Ia mengaku prihatin dengan kondisi tersebut. Apalagi bila masyarakat yang kurang paham melakukan kegiatan eksploitasi yang mengakibatkan kerusakan lingkungan, sekaligus mempercepat punahnya batuan langka dan unik.

“Oleh karena itu, langkah penyelamatan dengan menyebarkan informasi dan melaksanakan konservasi serta melakukan pengembangan fenomena geologi di Kawasan Geologi Karangsambung perlu di gencarkan,” tegasnya.

Iskandar mengatakan keberadaan kawasan Karangsambung seyogyanya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, terutama dari aspek ekonomi maupun ilmu pengetahuan. Maklum saja, Karangsambung merupakan aset ilmu pengetahuan.

“Jika tidak dilestarikan, maka salah satu sumber kajian ilmiah geologi di Indonesia tersebut dapat lenyap. Di dalamnya ada fosil bawah laut, belum termasuk keanekaragaman bebatuan yang sangat bervariasi. Belum menjadi mahasiswa geologi jika belum belajar ke sini,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Bupati Buyar Winarso menyambut hangat tawaran kerjasama dari LIPI tersebut. Buyar mengaku akan segera mensosialisasikan ajakan kerjasama itu dengan satuan kerja yang ada di lingkungan Pemkab Kebumen.

“Kami akan melakukan koordinasi dengan satuan kerja terkait agar dapat terealisasi dengan baik,” ujar Buyar.

Rencananya LIPI melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung akan menggandeng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kebumen untuk menata dan membuat grand design Geopark di Karangsambung. Tahap pertama yang akan dirintis tahun 2015 adalah pembuatan masterplan, penyiapan informasi populer tentang batuan, serta penyiapan infrastruktur dan regulasi pendukung.(ori/radarbanyumas)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!