Kilas Berita:

Boemen Rescue, Tim Rescue Asli Kebumen

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Ketika dilanda bencana, barisan terdepan sebagai 'penyelamat' adalah Tim Rescue. BNPB, BPBD, Tim SAR merupakan yang paling aktif diberitakan dalam proses penangan bencana. Namun tahukah anda bahwa di Kebumen ada Tim Rescue yang cukup lama terjun ke lapangan ketika terjadi musibah atau menanggulangi bencana?

Adalah Boemen Rescue, tim penyelamat dan penanggulangan bencana asli Kebumen yang terbentuk atas kepedulian dari beberapa komunitas terhadap kondisi lingkungan sekitar. Dari rasa kepedulian tersebut, kemudian terpikirkan untuk membentuk kesatuan 'penyelamat' yang profesional. Cikal bakal terbentuknya organisasi di tahun 2013 dengan melakukan penanaman 5000 pohon sebagai salah satu usaha antisipasi terjadinya bencana. Penanaman dilakukan di Desa Giritirto Kecamatan Karanggayam, Desa Kebulusan Kecamatan Pejagoan dan di Kecamatan Karanganyar

Boemen Rescue sendiri berada dibawah naungan Jakarta Rescue yang sudah terdaftar di PBB. Jakarta Rescue berkantor di komplek Siti Babagan,Jakarta Selatan. Boemen Rescue diperuntukan sebagai tim pembantu di wilayah Jateng-DIY. Dengan anggota profesional sebanyak 25 orang dengan berbagai keahlian seperti medis, non medis, water rescue, mountain rescue, anjing pelacak, USAR (Urban Search and Rescue).
Selain anggota profesional, Boement Rescue juga beranggotakan dari non profesional. Mereka yang non profesional diberi pembekalan terlebih dulu sebelum terjun ke lapangan. Sehingga bisa menjaga keselamatannya untuk menyelamatakan orang lain. Anggota non profesional Boemen Rescue saat ini sekitar 80 orang dari kalangan mahasiswa, aktifis, pelajar sekolah maupun masyarakat umum.

"Baru-baru ini salah satu anggota dikirim ke Jakarta untuk mengikuti pelatihan yang berhubungan dengan anjing pelacak", ungkap Imam Alfarid, ketua Boemen Rescuekepada Berita Kebumen On Line.

"November kemarin pernah mengikuti pelatihan di Jakarta dengan instruktur dari Perancis. Dari Kebumen mengirimkan 2 orang, saya dan mas Umar Affandi", lanjut Mas Imam, sapaan akrabnya.

Selain tanggap terhadap bencana dan pencegahannya, Boemen Rescue juga memberikan pelatihan di sekolah-sekolah, seperti SMA N 1 Pejagoan dan Pelita Karanganyar.

"Harapan kita dari Boemen Rescue ingin membuka sekolah pelatihan, rumah makan, dan yang lainnya. Karena untuk kegiatannya dana berasal dari pengurus dan anggota, kita punya keinginan untuk mandiri," sambung Imam

Pada beberapa minggu yang lalu, Boemen Rescue membuat pos pantau Tsunami di Pantai Pasir dengan ketinggian kurang lebih 20 m di atas permukaan air laut.

Boemen Rescue sementara ini bersekretariat di Desa Kebulusan, RT 2 RW 1, Pejagoan Kebumen. Akun jejaring sosial Facebook Boemen Rescue dengan nama yang sama juga dimiki sebagai sarana informasi dan komunikasi.

(Reporter: Yogi Permana | Editor : Rachmat)

_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!