Kilas Berita:

Sentra Konveksi di Karangsari Terancam Hilang

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Sebagai Sentra usaha konveksi, Desa Karangsari Kecamatan/Kabupaten Kebumen
selama puluhan tahun terakhir ini menjadi pemasok aneka pakaian jadi di sejumlah toko pakaian maupun pasar tradisional di Kabupaten Kebumen.

Sayangnya kaderisasi perajin konveksi di desa ini berjalan seret akibat anak-anak mudanya lebih memilih merantau ketimbang meneruskan usaha konveksi orang tua mereka.

"Sepuluh tahun lalu saya punya 29 orang buruh jahit, kini hanya 5 orang yang bertahan. Biasanya setelah keterampilan menjahit mumpuni, mereka memilih merantau ke Jakarta daripada mandiri menjadi perajin konveksi. Di perantauan, selain menjadi buruh pabrik konveksi, juga buruh pabrik lainnya dan buruh bangunan," ungkap Madkhuri, salah satu perajin konveksi Karangsari yang memulai usahanya sejak tahun 1970, Senin (26/01/2015).

Sebagai perajin 'senior', Madkhuri prihatin dengan minimnya anak muda yang mau terjun menjadi perajin konveksi. Bila kondisi ini terus berkepanjangan, dikhawatirkan pamor Karangsari sebagai sentra pakaian jadi di Kebumen akan sirna. "Mereka tak tertarik menekuni usaha ini mungkin karena tak mau repot mencari konsumen dan mengumpulkan modal usaha," ujar Madkhuri.

Saat ini di Karangsari ada sekitar 50 perajin konveksi yang rata-rata sudah lanjut usia dan hanya punya 2 sampai 5 buruh jahit saja. Tak heran, saat masa-masa ramai yaitu di bulan puasa dan tahun ajaran baru, perajin kewalahan memenuhi pesanan pedagang pakaian. (Dwi/krjogja)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!