Kilas Berita:

Perkantoran Tak Sediakan Akses Jalan, Pemkab Tak Perhatikan Kaum Difabel

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Forum Difabel Kabupaten Kebumen mendesak Pemkab Kebumen menyediakan fasilitas dan akses bagi para difabel atau penyandang cacat di gedung perkantoran pemerintah. Saat ini, semua gedung perkantoran Pemkab Kebumen termasuk gedung perkantoran dinas yang baru selesai dibangun, tidak ada satupun yang tersedia faslitas dan akses bagi kaum difabel.

Sekretaris Forum Difabel Kebumen, Muklis Stiawan mengatakan, revitalisasi gedung perkantoran Pemkab dimasa kepemimpinan H Bupati Buyar Winarso SE kurang pro dengan kaum difabel. Pasalnya, semua gedung perkantoran dinas yang baru dibangun sama sekali tidak menyediakan fasilitas dan akses bagi kaum difabel. Jelas konsep pembangunan gedung-gedung perkantoran Pemkab yang baru sangat mengecewakan kaum difabel.

Dikatakan, konsep bangunan pada setiap kantor dinas di lingkungan Pemkab Kebumen diskriminasi terhadap kaum difabel. Sebab di setiap bangunan perkantoran Pemkab tidak memudahkan akses jalan atau masuknya kaum difabel ke kantor tersebut. Di setiap pintu masuk kantor justru dibangun dengan konsep tangga bertingkat.

“Seharusnya, pada setiap perkantoran Pemkab yang merupakan pelayanan publik harus tersedia akses bagi para kaum difabel. Akses itu minimal akses jalan yang mudah bagi kursi roda,” tuturnya.

Lanjut Muklis, dengan konsep bangunan perkantoran Pemkab yang sekarang ini, sangat menyulitkan para kaum difabel masuk. Terlebih, lantai cukup tinggi dan sulit dicapai oleh kaum difabel yang menggunakan kursi roda maupun tongkat.

“Kita sangat menyayangkan, bahkan pada gedung perkantoran Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial yang menjadi pusat program dalam melayani kaum difabel juga tidak ada fasilitas dan akses bagi kaum difabel. Kita berharap pemkab segera menyediakan akses bagi kaum difabel di setiap perkantoran Pemkab, karena jumlah kaum difabel mencapai 10 ribuan orang,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sosial pada Disnakertransos Kebumen, Muh Rosyid SPd MMPd mengatakan, sebelum pelaksanaan pembangunan kantor Disnakertansos Kebumen, pihaknya sudah mengusulkan ke Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk membuatkan akses jalan bagi difabel, khususnya kursi roda.

Namun saat kantor Disnakertransos yang dibangun sudah jadi, sama sekali tidak ada akses untuk difabel seperti yang diusulkanya. Terkait persoalan itu, pihaknya juga sering mendapat keluhan dari kaum difabel yang datang ke kantor Disnakertransos untuk memanfaatkan pelayanan publik.

“Saat ini kita juga sudah mengusulkan lagi kepada DPU untuk membuatkan akses jalan khusus kursi roda bagi kaum difabel,” ujarnya. (ben/sus/radarbanyumas)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!