Kilas Berita:

Penyerapan Anggaran 2014 Turun, SKPD Diajak Kerja Keras

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Bupati Kebumen Buyar Winarso sedikit gundah dengan angka penyerapan anggaran pembangunan pada 2014 yang justru menurun dibanding tahun 2013.

Tahun 2013 penyerapan anggaran sampai 94 persen, namun tahun 2014 hanya 92 persen. “Saya ingin agar tahun 2015 ini semua satuan kerja perangakat daerah (SKPD) bisa bekerja lebih keras dan lebih maksimal, sehingga angka penyerapan anggaran bisa naik lagi menjadi 98 persen,” tandas Bupati saat penyerahan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) 2015 kepada semua SKPD di Aula Setda, baru-baru ini.

Bupati menyatakan, pada 2012 angka penyerapan anggaran justru lebih baik mencapai 96 persen. Kala itu, dia memang begitu intensif memanggil satu per satu para kepala SKPD dan kepala dinas dalam penyerapan anggaran. Namun tahun 2014, dia sengaja memberi keleluasaan dan tidak memanggil kepala dinas. Namun Bupati menyayangkan hasil penyerapan anggaran sampai akhir 2014 kurang memuaskan.

Padahal semestinya sesuai perencanaan dan target, penyerapan anggaran 2014 sudah dilakukan lebih awal dan tidak molor. Namun hasil akhir tetap menurun. “Apa setiap tahun bupati harus memanggil kepala SKPD satu per satu agar penyerapan anggaran tercapai,” tandas dia. Meninggalkan Dinas Pada bagian lain, Bupati juga mengkritik kebiasaan PNS yang meninggalkan pekerjaan saat jam kerja. Biasanya pada saat ada hajatan atau undangan, banyak PNS datang ke hajatan bersamaan. Akibatnya pelayanan di SKPD dan instansi terganggu lantaran ditinggal pergi ke hajatan. “Semestinya datang ke hajatan diatur dan jangan bareng-bareng agar kantor tidak kosong,” saran Buyar.

Bupati juga meminta para kepala SKPD dan kepala dinas betul-betul melakukan pemantauan bidang tugasnya. Berbeda dengan bupati yang lebih berwenang dalam kebijakan, para kepala dinas adalah pemegang kekuasaan teknis dan harus tahu bidang tugas di satuan kerjanya setiap saat, sehingga tidak boleh lamalama meninggalkan tugas. Dia mencontohkan data jumlah pedagang ketika hendak merenovasi Pasar Tumenggungan ada sekitar 3.179 orang.

Namun dalam setahan tentu jumlah pedagang telah bertambah dan angka itu semestinya terus dilaporkan. Pada kesempatan itu, Bupati menyerahkan secara simbolis DIPA2015 kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Frans Haidar, Camat Petanahan Ram Gunadi serta Kepala SMP2 Buayan Drs AM Jumali MPd. (B3- 32/SuaraMerdeka)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!