Kilas Berita:

Pemprov Jateng Dirikan PT Pengendali Distribusi Pupuk

SEMARANG (www.beritakebumen.info) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendirikan unit baru di bawah perusahaan daerah PT Citra Mandiri Jawa Tengah sebagai pengendali distribusi pupuk guna mengantisipasi terjadinya penyimpangan.

"Unit pengendali distribusi pupuk di Jateng mulai beroperasi awal tahun ini," kata Gubernur Jatneg Ganjar Pranowo di Semarang, Kamis.

Ia mengungkapkan bahwa penambahan satu unit tersebut dilatarbelakangi kejengahan dengan adanya distribusi pupuk yang bermasalah.

Menurut dia, PT CMJT saat ini sudah melakukan kerja sama dengan dua produsen pupuk yaitu PT Pupuk Sriwidjaja dan PT Petrokimia Gresik sebagai langkah awal memperoleh wilayah distribusi di Kabupaten Semarang serta Kabupaten Pekalongan.

"Prinsipnya kami ingin membuat sistem pengelolaan pupuk yang benar untuk mencapai enam tepat yakni jenis, jumlah, harga, tempat, waktu dan mutu," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Ganjar menjelaskan bahwa perusda ini akan mendistribusikan semua jenis pupuk bersubsidi seperti Urea, ZA, SP-36, dan NPK.

"Mengenai harga, tidak ada perbedaan dari distributor lainnya dan sistemnya, pupuk didistribusi ke pengecer yang sudah ada untuk disalurkan kepada petani," katanya.

Direktur Utama PT CMJT Sayuti mengatakan bahwa Kabupaten Semarang dan Kabupaten Pekalongan menjadi percontohan distribusi pupuk.

"Jika sistem dan sumber daya manusia siap maka akan dikembangkan ke seluruh kabupaten/kota di Jateng katena pada 2016 Pak Gubernur minta semua kabupaten sudah 'tercover'," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa dalam operasionalnya, divisi ini akan bersinergi dengan kartu petani sehingga data jumlah petani, kuota, jenis, dan waktu distribusi disesuaikan dengan kebutuhan lapangan.

Sementara itu, Direktur Umum dan Keuangan PT. CMJT Agung Rohmadi yang menjadi kepala divisi menambahkan bahwa divisinya bersifat sosio bisnis, artinya kegiatan bisnis yang lebih mengedepankan pelayanan masyarakat.

"Prinsipnya, perusahaan tidak melakukan investasi, namun lebih sebagai pengendali dan dalam operasional, kami akan memanfaatkan aset-aset Pemprov Jateng yang mangkrak di sejumlah derah untuk digunakan sebagai gudang," katanya.

Terkait dengan upaya memaksimalkan aset Pemprov Jateng yang mangkrak, kata dia, pihaknya saat ini sedang mengajukan pengalihan wilayah distribusi dari Kabupaten Pekalongan ke daerah lain karena pemprov tidak punya aset mangkrak di sana.

"Aset yang bisa digunakan yakni di Cilacap, Banyumas, Purwokerto, Klaten, Tegal, Rembang, dan Jepara, sedangkan untuk sarana angkut kami sudah punya dan kalau semua lancar, sudah bisa beroperasi pada musim tanam kedua sekitar Februari-Maret 2015," ujarnya. (antarajateng)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!