Kilas Berita:

Pelatihan Gamelan pada Siswa, Upaya Melestarikan Kebudayaan Lokal di Era Modern

OPINI (www.beritakebumen.info) - Di zaman modern sekarang ini, dimana kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat, menjadi hal yang menarik ketika masih ada orang yang mau mempertahankan atau “ nguri-uri  kebudayaan jawa yang diwariskan oleh nenek moyang kita, terlebih generasi muda. Sebagai contoh, siswa kelas 5 SD Labschool Unnes menampilkan kepiawaiannya memainkan musik gamelan dalam konser Sumpah Pemuda di Hotel Horison. Hal tersebut adalah sebuah upaya yang bagus dari pihak sekolah untuk melestarikan budaya dengan mengajarkan musik gamelan sejak dini kepada para peserta didik. Pemberian pelatihan yang dilakukan sejak dini akan lebih mudah diserap dan dikembangkan oleh peserta.
Sebagaimana dapat  diamati fenomena yang terjadi di sekeliling kita saat ini, khususnya anak-anak muda lebih asyik bermain gadget dan cenderung asosial. Tugas utama sebagai seorang pelajar terkadang sering ditinggalkan karena pengaruh kemajuan teknologi yang menawarkan berbagai fitur seperti jejaring sosial, Play Station dan aplikasi lainnya yang kurang disikapi dengan baik. Perhatian orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya menyebabkan tidak berjalannya fungsi kontrol terhadap perkembangan anak. Alhasil, seorang anak akan menjadi dewasa dengan bimbingan teknologi, bukan karena bimbingan orang tua sehingga menyebabkan proses pembentukan karakter menjadi tidak sempurna.
Oleh karena kondisi seperti itu, pemberian pelatihan musik gamelan secara tidak langsung akan mengurangi ketergantungan anak terhadap media karena waktu yang seharusnya untuk bermain digunakan untuk latihan. Seorang anak akan memiliki kelebihan yang apabila terus ditekuni akan berkembang dan dapat menjadi sumber mata pencaharian sebagai seorang budayawan kesenian jawa ketika dewasa nanti. Nilai-nilai kebersamaan yang diciptakan akan mendorong kepekaan anak untuk berinteraksi dengan teman-teman sehingga kepedulian sosial dapat terbangun. Nilai-nilai sosial di era globalisasi seperti saat ini mulai luntur seiring dengan perkembangan media yang mendukung terjadinya komunikasi tidak langsung yang lama-lama dapat menjadi gejala individualisme.
Kebudayaan jawa, saat ini mulai dilupakan oleh masyarakat terlebih masyarakat jawa sekalipun. Selain keindahan suara yang dihasilkan, sebenarnya nilai-nilai yang terkandung dari apa yang diwariskan orang-orang terdahulu itu apabila mampu kita pahami akan menjadi petunjuk dalam menjalani kehidupan ini. Seperti tembang Macapat yang diiringi oleh musik gamelan berisi gambaran kehidupan manusia sejak lahir hingga meninggal. Oleh karena itu, Motivasi belajar yang tinggi dari siswa-siswi kelas 5 itu patut diapresisi dan dapat menjadi renungan bagi kita, betapa pentingnya melestarikan kebudayaan lokal di tengah modernisasi seperti ini.
Kebijakan dari pihak sekolah yang menetapkan pelatihan musik gamelan dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain untuk memberikan kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang seni. Tidak hanya musik gamelan, tetapi apapun yang merupakan warisan nenek moyang yang memiliki nilai keindahan yang tinggi dan bermanfaat bagi perkembangan seorang anak. Semoga muncul generasi-generasi muda yang mencintai kebudayaan lokal yang akan memperkaya kebudayaan nasional Indonesia.

Oleh : Erna Kurnia
Mahasiswi Universitas Diponegoro Jurusan Ilmu Pemerintahan

_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!